Jadi Binaan BRI, Kluster Gultik Blok M Siap Naik Kelas

Jum'at, 05 April 2024 - 13:23 WIB
loading...
Jadi Binaan BRI, Kluster Gultik Blok M Siap Naik Kelas
Ketua Kluster Gultik Blok M Purnomo Setiawan memanfaatkan KUR BRI untuk mengembangkan usahanya. FOTO/Andri Bagus
A A A
JAKARTA - Berbekal semangat untuk naik kelas, Kluster Gulai Tikungan (Gultik) Blok M, Jakarta Selatan, mencari bantuan pendampingan dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI). Gayung bersambut, kluster itu kini sudah menjadi bagian salah satu program BRI, yakni Kluster Hidupku.

Ketua Kluster Gultik Purnomo Setiawan mengatakan, klusternya ini terhitung masih seumur jagung karena baru terbentuk tahun ini. Purnomo beserta 7 temannya membentuk kluster tersebut agar mendapatkan pemberdayaan dan pendampingan dari BRI agar dapat naik kelas. Pria asal Solo itu mengatakan, BRI sudah terkenal sangat memperhatikan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang ingin naik kelas.

"Karena itu kami mengajukan proposal bantuan ke BRI. Itu untuk memenuhi beberapa kebutuhan kluster ini, seperti bangku, dan lain-lain" ucapnya kepada SINDOnews, baru-baru ini.



Purnomo mengatakan, saat ini kluster mereka memang masih sebagian kecil dari keseluruhan pedagang gultik di Blok M. Namun, dia yakin anggota klusternya akan terus meningkat seiring berjalannya waktu. "Kalau jumlah pedang gultik keseluruhan ada sekitar 30-an orang," ucapnya.

Menurut dia, saat baru terbentuk pun mereka sudah merasakan manfaatnya yakni berupa bantuan pemasaran dari BRI. "Pihak BRI banyak memesan gultik dari kluster kami. Kami juga akan dilibatkan dalam kegiatan bazar kuliner. Pelatihan memang belum, namun pemasaran sudah dibantu," paparnya.

Selain bantuan tadi, Purnomo mentatakan bahwa anggota klusternya juga dipermudah untuk memperoleh kredit usaha rakyat (KUR) dari BRI. Purnomo mengaku sudah memanfaatkan KUR BRI tersebut untuk mengembangkan usahanya, sebagai tambahan modal. "Saya pakai KUR untuk tambahan modal usaha. Itu baru memanfaatkan program KUR," tuturnya.



Dia pun lantas merekomendasikan anggotanya untuk memanfaatkan KUR BRI. Dengan begitu, kata dia, mereka sama-sama bisa mengembangkan usaha dengan tambahan modal.

Kluster Usaha Jadi Upaya BRI Angkat UMKM

Komitmen BRI dalam melakukan pemberdayaan terhadap UMKM salah satunya dilakukan melalui program "Kluster Hidupku". Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, program itu menjadi upaya BRI untuk mendorong UMKM naik kelas.

"Kami berkomitmen untuk terus mendampingi dan membantu pelaku UMKM, tidak hanya dengan memberikan modal usaha, tetapi juga melalui pelatihan-pelatihan usaha dan program pemberdayaan lainnya, sehingga UMKM dapat tumbuh dan semakin tangguh," ungkap Supari beberapa waktu lalu.

Melalui program Kluster Hidupku, BRI berupaya menaikkelaskan nasabah dengan mendorong pertumbuhan usaha mereka secara berkelanjutan. Dengan demikian, UMKM binaan tersebut akan semakin tangguh dalam menjalankan usahannya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2076 seconds (0.1#10.140)