Sehari Laku 100 Mangkuk Lebih, Warung Mi Ayam Ini Makin Laris Berkat KUR BRI

Minggu, 07 April 2024 - 09:48 WIB
loading...
Sehari Laku 100 Mangkuk Lebih, Warung Mi Ayam Ini Makin Laris Berkat KUR BRI
Warji sedang melayani pembeli di warung mi ayam Putri miliknya di kawasan Pademangan Timur, Jakarta Utara. Foto/Wahyono
A A A
JAKARTA - Program Kredit Usaha Rakyat (KUR) PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk ( BRI ) telah terbukti berdampak positif bagi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Banyak pengusaha mikro dan kecil bukan hanya mampu naik kelas, tetapi juga mampu menopang ekonomi keluarga dengan pemanfaatan KUR secara tepat.



Kondisi itu setidaknya dirasakan Warji. Berkat fasilitas pinjaman lunak KUR BRI, usaha warung mi ayamnya di kawasan Pasar Pademangan Timur, Jakarta Utara kini kian berkembang. Dengan membanderol satu porsi mi ayam Rp15.000, pembelinya tak pernah sepi.

Pelanggan mi ayamnya bukan saja para pedagang pasar, tetapi kini juga mulai merambah karyawan pabrik konveksi yang banyak beroperasi di sekitar Pademangan hingga masyarakat sekitar.

“Dalam sehari minimal 100 mangkuk dapat. Biasannya sih lebih dari itu,” sebut Warji saat berbincang-bincang dengan SINDOnews di warung mia ayam Putri miliknya di Pademangan Timur, Jakarta Utara.



Warji mengatakan, melihat perkembangan usaha mi ayamnya, dia memiliki rencana untuk membuka warung mi ayam di lokasi lain. Untuk merealisasikan hal itu tentu dirinya membutuhkan modal yang tak sedikit.

Selain untuk menyewa tempat, tambahan modal akan digunakannya untuk membeli gerobak dan juga membeli perlengkapan lain. Berbicara penambahan modal. dirinya tak menutup kemungkinan kembali mengajukan pinjaman KUR BRI.

“Rencana buka warung mi ayam baru itu ada, tetapi semuanya kembali ke modal. Bisa saja nanti saya ngajuin pinjaman lagi. Kalau yang terakhir saya pinjam Rp100 juta, bisa saja nanti kalau jadi ngajuin pinjaman lagi besarnya lebih dari itu,” ujar Warji tanpa menyebut berapa jumlah KUR BRI yang akan diajukannya jika rencananya tak berubah

Warji bercerita, jauh sebelum dirinya membuka Agen BRILink, sudah sejak belasan tahun dirinya membuka usaha warung mi ayam. Usaha itu ditekuni secara turun temurun dari orang tuanya ketika merantau ke Jakarta.

Setelah usaha mi ayamnya kian berkembang, Warji memberanikan diri mengajukan pinjaman lewat KUR BRI untuk kali pertama. Kebutuhan menambah modal dan menyewa tempat yang lebih luas saat itu menjadi alasan kenapa dirinya mengakukan pinjaman KUR BRI

Bukan hanya pelayanan, Warji mengaku proses pengajuan pinjaman KUR BRI-nya berjalan cepat dan cukup mudah jauh dari kesan berbelit-belit. Modal dirinya sebagai nasabah BRI menjadi faktor yang memuluskan pengajuan pinjaman KUR BRI.

“Saat itu pinjaman KUR BRI saya disetujui Rp100 juta.Semua prosesnya berjalan cepat tidak sampai seminggu disetujui. Syaratnya juga mudah, mungkin karena saya sudah lama menjadi nasabah BRI sehingga semua data data pribadi saya sudah bisa diketahui,” kata lelaki asal Tegal ini.

Berbekal pinjaman KUR BRI tersebut, lanjut Warji, selain untuk menambah permodalan di usaha Agen BRILInk, porsi terbesar dari pinjaman digunakan untuk mengembangkan usaha warung mie ayamnya. Dari awalnya berlokasi di tempat yang sempit dan kurang strategis, kini warung mie ayamnya menempati lokasi yang lebih luas dan strategis di depan Pasar Pademangan Timur.

Kini Warji merasa perkembangan usaha warung mie ayamnya seperti harapan dirinya. Bersama sang istri dan beberapa saudaranya dari kampung yang ikut serumah dengannya, Warji kini menjalankan usaha warung mie ayam-nya

Mey Lan, salah satu pelanggan mi ayam Putri menuturkan, dalam seminggu dirinya dua sampai tiga kali pasti jajan di warung mie ayam milik Warji. Entah kenapa lidahnya merasa cocok dengan rasa mie ayamnya. “Sudah sering ke sini, enak saja cocok rasanya,” ujar wanita keturunan Tionghoa ini.

Mey Lan mengatakan, selain rasannya yang menurutnya enak, warung mie ayam milik Warji pelayanannya juga ramah sehingga dirinya merasa nyaman saat membeli. Bahkan terkadang tidak hanya dia saja yang jajan mie ayam Warji tetapi terkadang dirinya juga mengajak rekan-rekannya.

Pimpinan Cabang (Pinca) Kantor Cabang (KC) BRI Kemayoran, Yogie Wirawan Murtiono menegaskan, fasilitas pinjaman KUR memang salah satunya bertujuan untuk membantu permodalan kalangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Karena diperuntukkan untuk UMKM, makanya persyaratannya juga tidaklah sulit.

“Paling utama syaratnya harus punya usaha. Kemudian usahanya juga harus produktif,” ujar Yogie merinci sejumlah syarat pengajuan KUR BRI.

Menurutnya, KC BRI Kemayoran menargetkan penyaluran KUR tahun 2024 bisa diterima sebanyak 13.435 nasabah. Data hingga per Februari 2024, nasabah yang menerima pengucuran KUR telah mencapai 13.036 nasabah.

“Kami optimistis penyaluran KUR akan berjalan seperti yang kita targetkan dengan menjangkau nasabah yang lebih luas lagi,” pungkasnya.

Dikutip dari laman resmi BRI, KUR BRI atau Kredit Usaha Mikro, termasuk dalam kredit modal kerja dan atau kredit investasi dengan batas atas kredit hingga Rp500 juta.

Yang diberikan kepada usaha mikro, usaha kecil dan koperasi yang memiliki bisnis produktif, tentu akan mendapat jaminan dari perusahaan penjamin.

Tiga Jenis KUR BRI yang Berlaku Tahun 2024:

1. KUR mikro bank BRI
Kredit modal kerja atau investasi dengan plafond pinjaman hingga Rp50 juta setiap debitur.
2. KUR kecil bank BRI
KUR kecil bank BRI merupakan kredit modal kerja atau investasi kepada debitur yang telah memiliki usaha produk dan juga layak. Adapun plafond yang ditetapkan mulai dari Rp50 juta hingga Rp500 juta setiap debitur.
3. KUR TKI bank BRI
KUR TKI bank BRI merupakan kredit permodalan yang diberikan untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan, dengan plafond pinjaman hingga Rp25 juta setiap debitur.

Cara Mengajukan KUR BRI Secara Online

1. Akses laman kur.bri.co.id untuk mengajukan pinjaman KUR BRI online
2. Pilih "Ajukan Pinjaman"
3. Login menggunakan alamat email dan masukkan kata sandi jika sudah memiliki akun
4. Jika Anda tidak memiliki akun di halaman tersebut, pilih "Daftar" Bisa juga dengan mendaftar melalui akun Google.
5. Tunggu verifikasi yang dikirim pihak BRI melalui e-mail yang telah didaftarkan.
6. Setelah akun sudah jadi, masuk (login) kembali di laman https://kur.bri.co.id/ menggunakan email dan password.
7. Klik "Ajukan Pinjaman KUR". Baca dengan teliti halaman syarat dan ketentuan, kemudian klik “Saya adalah nasabah BRI” serta “Setuju dan Ajukan Pinjaman”.
8. Klik “I’m not a Robot”, Isi informasi data diri secara lengkap (nama lengkap, NIK, alamat, nama ibu kandung, dan lainnya)
9. Isi data usaha dengan lengkap (jenis usaha, penghasilan, biaya usaha, nomor rekening BRI, dan lainnya).
10. Unggah beberapa dokumen seperti KTP, surat keterangan usaha, pas foto, serta foto usaha
11. Klik “Selanjutnya” untuk masuk ke halaman pengajuan pinjaman. Isi data pengajuan (nominal pengajuan dan tenor)
12. Klik “Hitung angsuran” untuk melihat jumlah angsuran yang akan dibayar
13. Klik “Ajukan pinjaman”. Setelah itu akan muncul halaman pengajuan informasi mengenai pinjaman disetujui atau tidak.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1625 seconds (0.1#10.140)