Ssst! Ada yang Spesial pada Uang Khusus Rp75.000 yang Baru

Senin, 17 Agustus 2020 - 12:13 WIB
loading...
Ssst! Ada yang Spesial pada Uang Khusus Rp75.000 yang Baru
Ada fitur-fitur baru yang disematkan dalam uang khusus pecahan Rp75.000 yang baru diluncurkan hari ini. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia, dalam hal ini Bank Indonesia (BI) dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) hari ini resmi meluncurkan uang baru bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-75, 17 Agustus 2020. Hal ini sekaligus menandai era baru dalam melanjutkan kemerdekaan bangsa.

(Baca Juga: Sah! Indonesia Punya Uang Khusus Baru Pecahan Rp75.000)

Adapun uang baru yang dikeluarkan adalah pecahan Rp75.000 dengan gambar depan Presiden pertama Indonesia, Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta. Sedangkan, tampak belakang bergambar para anak-anak Indonesia yang memakai baju adat khas daerah. Lembaran uang ini berwarna merah dengan paduan warna putih dan hijau.

"Setiap lembar mengandung identitas dan karakteristik kita sebagai bangsa Indonesia yang harus kita jaga, lestarikan, dan banggakan. Sebagai wujud syukur, pemerintah dan BI hari ini mengeluarkan uang peringatan kemerdekaan RI, yaitu pecahan Rp75.000," ungkap Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo dalam konferensi pers virtual Peluncuran Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun RI di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Perry mengatakan, ada fitur yang berbeda dari pecahan uang baru ini. "Uang Rp75.000 ini dilengkapi dengan unsur pengaman dengan teknologi terbaru, dan bahan kertas yang lebih tahan lama," ungkapnya.

(Baca Juga: Uang Rupiah Khusus HUT RI ke-75 Bikin Penasaran, Yuk Intip Wujudnya dari Masa ke Masa)

Dia mengatakan, inovasi ini ditujukan agar uang rupiah semakin mudah dikenal ciri keasliannya, nyaman dan aman digunakan, serta jauh lebih sulit untuk dipalsukan. "Inovasi ini akan dilakukan secara berkala dan terencana, agar Rupiah tetap menjadi kebanggaan kita bersama sebagai simbol kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)," tutur Perry.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1427 seconds (0.1#10.140)