Uang Rupiah Khusus HUT RI ke-75 Bikin Penasaran, Yuk Intip Wujudnya dari Masa ke Masa

Minggu, 16 Agustus 2020 - 22:19 WIB
loading...
Uang Rupiah Khusus HUT RI ke-75 Bikin Penasaran, Yuk Intip Wujudnya dari Masa ke Masa
Foto penampakan uang kertas nominal Rp75.000 sebagai simbol 75 tahun Kemerdekaan RI beredar luas di grup perpesanan whatsapp. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) bersama Kementerian Keuangan besok akan meresmikan pengeluaran uang peringatan kemerdekaan 75 tahun RI. Kabar ini sontak mengundang penasaran masyarakat seperti apa wujud uang dan nominalnya.

Beredar pula di sejumlah grup perpesanan, foto yang menunjukan uang kertas bernominal Rp75.000 sebagai simbol 75 tahun Kemerdekaan RI, dengan gambar proklamator Soekarno-Hatta. Namun, hingga berita ini diturunkan, pihak BI belum mengkonfirmasi kebenaran foto tersebut. (Baca: Cihuy, Besok BI Luncurkan Uang Baru Khusus HUT ke-75 RI )

Sebagai catatan, uang yang akan diresmikan bertepatan HUT Kemerdekaan RI ke-17 pada Senin (17/8) besok dikategorikan sebagai Uang Rupiah Khusus.

Mengutip penjelasan BI, Uang Rupiah Khusus adalah uang yang secara khusus dikeluarkan oleh Bank Indonesia dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan tertentu dan memiliki nilai nominal yang berbeda dari nilai jualnya. (Baca juga: 10 Pemain dengan Gaji Tertinggi di Arsenal )

Uang Rupiah Khusus terdiri dari koin edisi khusus dan/atau uang kertas yang tidak dipotong sehingga menyerupai satu lembaran besar yang terdiri dari beberapa lembar uang (uang bersambung).

Uang Rupiah Khusus merupakan alat pembayaran yang sah namun biasanya tidak digunakan sebagai alat tukar. Uang ini juga merupakan sarana perkembangan numismatika (koleksi uang) di Indonesia. (Baca juga: Jokowi Beberkan Asumsi-Asumsi Makro 2021 )

Setiap edisi dikeluarkan dengan kemasan menarik dan unik sehingga sering dijadikan sebagai cenderamata. Berikut ini beberapa Uang Rupiah Khusus jenis logam yang pernah diterbitkan oleh Bank Indonesia:

1. Seri 25 Tahun Kemerdekaan RI

Setidaknya terdapat lima Uang Rupiah Khusus jenis logam yang diterbitkan pada peringatan 25 Tahun Kemerdekaan RI, yaitu pada tahun 1970.

Uang Rupiah Khusus HUT RI ke-75 Bikin Penasaran, Yuk Intip Wujudnya dari Masa ke Masa
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0920 seconds (0.1#10.140)