Penumpang Kereta Cepat Whoosh Melonjak 30% di Hari Lebaran

Jum'at, 12 April 2024 - 09:31 WIB
loading...
Penumpang Kereta Cepat Whoosh Melonjak 30% di Hari Lebaran
PT KCIC mencatat terjadinya lonjakan penumpang kereta cepat Whoosh di hari Lebaran. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mencatat adanya lonjakan penumpang Kereta Cepat Whoosh pada hari Lebaran, terutama keberangkatan dari Stasiun Halim menuju Stasiun Padalarang maupun Tegalluar. Peningkatan jumlah penumpang ini diantisipasi KCIC dengan menambah 12 perjalanan per hari hingga 18 April 2024.

Peningkatan terlihat sejak Rabu (10/4/2024) siang dan Kamis (11/4/2024). Berdasarkan pantauan, pada jam dan rute favorit yaitu keberangkatan Halim hari Kamis, keberangkatan mulai pukul 07.55, 08.20, sampai 12.00 terus dipadati penumpang. Okupansi pada jam favorit tersebut mencapai 80% hingga 95%.



"Penjualan tanggal 12 April juga sudah menunjukkan peningkatan yang signifikan, dimana pada jam jam favorit sudah menunjukkan angka 85%," jelas Corporate Secretary Eva Chairunisa PT KCIC dalam keterangan resminya, Jumat (12/4/2024).

Pada hari Lebaran KCIC memberangkatkan sebanyak 26.000 penumpang. Jumlah ini naik sekitar 30% jika dibandingkan dengan masa normal sebelum angkutan Lebaran. Volume penumpang tersebut masih akan bertambah karena penjualan saat ini masih berlangsung secara online maupun offline.

Kepadatan terlihat masih terjadi di loket dan mesin pembelian tiket untuk reservasi dan pembelian go show. Namun, dengan 52 perjalanan per hari, penumpang mendapatkan banyak alternatif perjalanan Whoosh yang dapat dipilih sesuai kebutuhannya. Jarak antar jadwal atau headway Whoosh di jam sibuk mencapai 25 s.d 30 menit sehingga membuat penumpang mendapatkan fleksibilitas yang tinggi.



Terkait dengan peningkatan tersebut, KCIC mengimbau para penumpang untuk mematuhi ketentuan terkait barang bawaannya agar kenyamanan seluruh penumpang dapat terjaga. Setiap penumpang hanya dapat membawa bagasi sebanyak 3 barang dengan dimensi maksimal yaitu 100 cm x 30 cm x 40 cm dengan berat total maksimum 20 kg. Adapun 3 barang tersebut dapat berupa 2 koper atau dus dan 1 ransel atas tas tangan.

"Penumpang juga dilarang membawa hewan, narkotika, senjata api dan tajam, barang mudah terbakar, barang berbau tajam, dan barang yang tidak diperbolehkan petugas dan peraturan perundang-undangan," tambahnya.

Penumpang pun diharapkan mengatur waktu perjalanan menuju ke Stasiun Whoosh agar datang setidaknya 30 menit sebelum jadwal keberangkatan. Dikhawatirkan penumpang tertinggal Whoosh karena Gate boarding akan ditutup 5 menit sebelum kereta diberangkatkan demi alasan keselamatan.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1244 seconds (0.1#10.140)