Pastikan Kesiapan Arus Balik, Menhub Budi Karya Tinjau Langsung Bandara Soekarno-Hatta

Sabtu, 13 April 2024 - 11:51 WIB
loading...
Pastikan Kesiapan Arus Balik, Menhub Budi Karya Tinjau Langsung Bandara Soekarno-Hatta
Menhub Budi Karya memberikan suvenir kepada salah satu penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)
A A A
JAKARTA- Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memantau langsung kesiapan pelayanan angkutan arus balik Lebaran 2024 yang diprediksi akan mencapai puncaknya pada Senin, 15 April 2024. Pantauan langsung tersebut berlangsung di Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, Jumat (12/4/2024).

Dalam kunjungannya, Menhub Budi Karya turut didampingi oleh Direktur Strategi dan Pengembangan Teknologi PT Angkasa Pura Indonesia Ferry Kusnowo, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Agus Wialdi, Direktur Utama AirNav Indonesia Polana B Pramesti, dan Presiden Direktur Lion Air Group Daniel Putut.

Menhub Budi Karya mengungkapkan jumlah pergerakan di Bandara Soetta telah mencapai 1.236 penerbangan. Angka tersebut diketahui hampir menyamai jumlah penerbangan pada 2019 saat sebelum pandemi Covid-19 yang menyentuh 1.280 penerbangan dalam satu hari.

“Surprise-nya adalah jumlah penumpang lebih besar. Di Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) lebih besar (tingkat pemulihan/recovery rate) 101 persen dari 2019,” ujar Menhub.

Dia pun memprediksi, angka tersebut dapat menyentuh 1.250 pergerakan per harinya pada puncak arus balik.

“Saya menduga ini bisa minimal 1.250, mengapa? Karena waktu yang kita jalani itu saat kita mudik lebih banyak. Sementara ini, lebih pendek dari Rabu sampai Senin, hanya lima hari. Sebelumnya, seminggu jadi naik,” kata Menhub.

Dengan perkiraan jumlah penerbangan tersebut, Menhub mengimbau kepada maskapai untuk mempersiapkan diri hadapi permasalahan bagasi, yang tentu akan ikut melonjak seiring jumlah penumpang.


Pastikan Kesiapan Arus Balik, Menhub Budi Karya Tinjau Langsung Bandara Soekarno-Hatta

Menhub Budi Karya saat melakukan jumpa pers di Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta. (Foto: iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)

Sebagai informasi, kunjungan Menhub dilakukan mulai dari AirNav di Jakarta Air Traffic Service Center, dilanjutkan dengan monitoring data penumpang di Posko Terpadu Angkutan Lebaran 2024 Bandara Soekarno-Hatta, dan menyapa langsung para penumpang di sekitaran Terminal 1A.

Posko ini dibuka pada 3-18 April 2024 sebagai wadah kolaborasi seluruh stakeholder Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan terjaganya aspek keamanan, keselamatan, dan pelayanan di tengahpeak seasonangkutan Lebaran.

Dari peninjauan yang dilakukan, Menhub Budi Karya mengapresiasi rekan-rekan aviasi yang masih bekerja sangat aktif di tengah-tengah hari libur. Dia juga mengatakan kelancaran lalu lintas penerbangan di periode sibuk angkutan Lebaran tidak mungkin terjadi apabila tidak ada kolaborasi di antara stakeholder Bandara Soekarno-Hatta.

“Oleh karenanya, ini tidak mungkin terjadi kalau kita tidak berkolaborasi, semua sektor. Seperti Angkasa Pura, AirNav, kepolisian, Bea Cukai, Imigrasi, otoritas bandara, Airlines, komplit elemennya harus sama-sama, saling mengisi,” tuturnya.

Tak hanya itu, pada peninjauan kali ini, Menhub juga memberikan bingkisan berupa suvenir dari Angkasa Pura II kepada para penumpang terpilih. Mereka pun mengaku senang dan tidak menyangka atas kedatangan Menhub.

Layanan Angkasa Pura II pada Periode Mudik

Pastikan Kesiapan Arus Balik, Menhub Budi Karya Tinjau Langsung Bandara Soekarno-Hatta

Situasi Terminal 1A Kedatangan di Bandara Soekarno Hatta. (Foto: iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)

Memasuki arus balik, PT Angkasa Pura II telah bersiap menyambut kepulangan para pemudik dengan sejumlah program dan fasilitas yang disediakan. Direktur Operasi PT Angkasa Pura II Agus Haryadi mengatakan, jika penyelenggaraan angkutan Lebaran ini secara umum belum selesai, akan berakhir pada 18 April 2024 mendatang.

Pada H+2 Lebaran ini, tren penumpang sudah bergerak naik untuk yang datang ke Soekarno-Hatta. Bahkan, pada Kamis kemarin, realisasi penumpang sudah berada di kisaran 117.000 dan pada Jumat (12/4/2024),progress-nya berada di angka 129.000.

“Puncaknya nanti pada Senin, 15 April 2024,planningpenumpang yang datang ke Soekarno Hatta bagian dari arus balik, kurang lebih di angka 190.000. Angka ini menunjukkan angka yang lebih tinggi dari puncak arus mudik di H-5, di mana padatanggal tersebut jumlah penumpang realisasinya ada di angka 187.000,” ucapnya.

Ini artinya, katadia,nanti akan terjadi peningkatan yang lebih tinggi dibanding puncak arus balik dari arus mudik sebelumnya.

“Kita dalam posisi bersiap untuk menyambut itu,” ucapnya.

Untuk mengantisipasi adanya lonjakan penumpang, PT Angkasa Pura II bersama pihak maskapai penerbangan telah menyiapkan sekitar 2.000 penerbangan tambahan. Meski demikian, lanjutnya, realisasinya belum tercapai sampai angka tersebut.

“Artinya, potensi kalau kemudiandemand-nya tinggi, ini sudah diantisipasi dari bantuanextra flight, artinya cukup,” ucapnya.

Secara total, jumlah pergerakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta pada H-7 hingga H+2 (3-11 April 2024) telah mencapai 1,37 juta penumpang atau naik 9 persen dibandingkan dengan periode yang sama 2023 sebanyak 1,26 juta penumpang.


Pastikan Kesiapan Arus Balik, Menhub Budi Karya Tinjau Langsung Bandara Soekarno-Hatta

Direktur Operasi PT Angkasa Pura II Agus Haryadi (tengah) bersama Executive general manager of airport operation division Anton Martalius (kiri), dan VP Corporate Communication AP II (Cin Asmoro). (Foto: iNews Media Group/Aldhi Chandra Setiawan)

Selain itu, PT Angkasa Pura II yang terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik juga memastikan ketersediaan sarana dan prasarana turut berjalan dengan baik. Termasuk ketersediaan taksi, bus, kereta, dan lain-lain untuk mendukung pulang sampai rumah dengan selamat.

Tidak hanya memikirkan moda transportasi para pemudik, PT Angkasa Pura II turut menghadirkan Ramadan Customer Experience bagi para penumpang pesawat. Beberapa di antaranya terdapatphotoboothtematik bernuansa Ramadan yang telah ada sejak periode arus mudik yang tersedia di terminal Bandara Soekarno-Hatta dan memberikan 50 suvenir kepada penumpang terpilih.

Pelayanan terbaik yang diberikan PT Angkasa Pura II ini juga turut dirasakan oleh para penumpang. Terlebih adanya perbaikan-perbaikan yang dilakukan pada masa arus balik.

Viola pemudik dari Australia mengaku pelayanan pada arus balik terasa lebih nyaman karena semuanya jadi serba cepat. Dia berharap, pelayanan ke depan saat arus mudik turut dipersiapkan lebih baik lagi.

“Arus baliknya mulai dari hari ini ya itu bagus, segala cepet, bagasi cepet. Arus balik lebih nyaman dibanding arus mudik,” ujarnya.

Rasa nyaman ini juga dirasakan oleh pemudik asal Jambi Puti Sundari Akhyar. Dia menuturkan, jika pelayanannya baik dengan respons petugas bandara yang ramah dan membantu.

“Kesiapannya bagus, pelayanannya bagus,staff-nya ramah-ramah, bandaranya juga rapi, bersih. Pelayanannya di sini. Pas aku tanya-tanya respons mereka bagus,” ucapnya.

PT Angkasa Pura II telah melakukan pelayanan terbaik dengan berbagai kesiapan untuk menyambut kepulangan para pemudik dan pelancong. Meski demikian, Menhub Budi Karya tetap mengimbau agar masyarakat dapat pulang lebih cepat karena akan ada lonjakan penumpang pada Minggu dan Senin, 14-15April 2024.
(skr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)