Keras! Ekonom Ini Sebut Kebijakan Ekonomi Pemerintah Bak 'Mengisi Ember Bocor

Senin, 17 Agustus 2020 - 21:21 WIB
loading...
Keras! Ekonom Ini Sebut Kebijakan Ekonomi Pemerintah Bak Mengisi Ember Bocor
Ekonom Indef Didik J Rachbini menilai kebijakan pemulihan ekonomi pemerintah saat ini ibarat mengisi ember bocor. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Ekonom Indef Didik J Rachbini menilai pemerintah belum bisa mencari sumber masalah pokok dari krisis ekonomi yang terjadi. Hal itu menurutnya disebabkan pemerintah mengabaikan kebijakan kendali pandemi Covid-19 .

Didik mengatakan, pemerintah terlalu optimis mengenai pandemi Covid-19 ini. Pemerintah, menurut dia, terlalu yakin bahwa pandemi ini akan beres dengan sendirinya. Karena itu, kebijakan pemerintah lebih memilih untuk mendorong ekonomi dengan kucuran dana yang jauh melebihi anggaran bagi kesehatan.

(Baca Juga: Waduh, Sri Mulyani Akui Bakal Berat Pulihkan Ekonomi)

"Strategi kebijakan ini seperti mengisi ember bocor, karena masalah dasar kebocorannya tidak diatasi dengan baik," kata Didik saat dihubungi SINDOnews di Jakarta, Senin (17/8/2020).

Dia melanjutkan, pilihan kebijakan ini terjadi karena pengaruh bisikan yang tidak bertanggung jawab dengan mengabaikan pilihan kebijakan yang rasional. "Sejak awal pemerintah pusat menyerahkan kebijakan dan imnplementasi pengendalian Covid-19, PSBB atau pelonggaran PSBB kepada pemerintah daerah," katanya.

Dia menambahkan, dengan kasus harian yang parah saat ini, pemerintah tetap merasa yakin bisa menyelesaikannya, tanpa perasaan bersalah, dan kepercayaan diri yang menurutnya naif. "Kebijakan tidak berubah, tetap seperti biasanya sehingga tidak ada tanda-tanda kasus harian Covid-19 akan menurun," ujarnya.

(Baca Juga: Menterinya Pak Jokowi Ini Pede Lho! Katanya, Ekonomi RI Bisa Tumbuh Positif)

Dengan kegagalan yang kasat mata dalam kebijakan mengatasi pandemi ini, tegas Didik, pemerintah selayaknya meminta maaf kepada rakyat Indonesia.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)