Budi Karya Akan Percepat Jarak Antar KRL Jadi 3 Menit

Senin, 10 Desember 2018 - 22:29 WIB
Budi Karya Akan Percepat Jarak Antar KRL Jadi 3 Menit
Budi Karya Akan Percepat Jarak Antar KRL Jadi 3 Menit
A A A
TANGERANG - Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi, menyatakan jarak antar kereta rel listrik (KRL) atau headway akan dipercepat. Hal in‎i untuk penambahan kapasitas KRL setelah dibangunnya hunian dekat dengan stasiun.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) ini menjelaskan, nantinya jarak ‎antar KRL satu dengan yang lainnya kurang dari 5 menit.

"Kereta selama ini rata-rata headway-nya 5 menit. Tapi akan kita buat jadi 2-3 menit. Begitu juga gerbongnya, selama ini rata-rata 10, nanti kita akan buat menjadi 12," terang Budi Karya saat ditemui di Stasiun Rawa Buntu, Bumi Serpong Damai, Tangerang Selatan, Senin (10/12/2018).

Menurut Budi, ‎rencana tersebut baru akan direalisasikan dalam 1-2 tahun mendatang. Karena, terang dia, rencana tersebut butuh menggantikan sistem headway KRL yang sebelumnya telah dijalankan.

"Realisasi 1-2 tahun. Kalau headway itu kan ada sistem yang dilakukan. Jadi enggak bisa dilakukan cepat karena window time tertutup," imbuh dia.

Sementara itu, mantan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk., ini juga akan membenahi semua stasiun yang berada jalur Tanah Abang-Maja. Hal ini juga agar bisa menampung penumpang imbas dari pembangunan TOD di sekitar stasiun.

"Memang satu persatu harus kita lakukan, seperti engineering. Fungsi besaran flownya harus kita buktikan lagi. Di masa mendatang ini, pola yang kita lakukan di Manggarai dan ke arah timur sudah kita sesuaikan dengan kapasitas. Sedangkan yang menuju BSD, kita lakukan perbaikan," pungkas dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8330 seconds (0.1#10.140)