Pelayanan Optimal Petugas Bandara Soetta Sukseskan Angkutan Lebaran 2024

Jum'at, 19 April 2024 - 09:35 WIB
loading...
A A A
Pelayanan Ramah Kepada Penumpang

PT Angkasa Pura (AP) II selaku pengelola 20 bandara utama di Indonesia telah menyiagakan sebanyak 9.416 orang petugas untuk melayani penerbangan selama masa angkutan mudik Lebaran 2024.

“Pada angkutan Lebaran 2024, seluruh bandara AP II total menyiagakan 9.416 personel. Kemungkinan personel terbanyak ditempatkan pada Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” kata Vice President of Corporate Communication AP II, Cin Asmoro di Tangerang, Banten, dalam keterangan resmi.

Adapun dari sebanyak 9.416 personel tersebut terdiri dari personel Airport Rescue and Fire Fighting, Apron Movement Control, Aviation Security (Avsec). Ditambah lagi BKO TNI dan Polri, Facility Care, Customer Service, Digital Service dan lain sebagainya.

Arrafi Gymnastiar (21) Staf Customer Service Bandara Internasional Soekarno-Hatta mengaku senang bisa melayani penumpang selama angkutan Lebaran 2024. Tugas utamanya, terutama pada saat peak season, seperti memberikan pelayanan informasi kepada penumpang.

Pelayanan informasi yang diberikan Customer Service meliputi informasi penerbangan, fasilitas bandara, pengambilan bagasi, boarding gate, dan lainnya. “Selama musim angkutan Lebaran ini memang cukup hectic, namun itu tantangan bagi kami sebagai petugas operasional di bidang transportasi udara,” ucapnya saat ditemui di Terminal 2E Bandara Soetta, Rabu (17/4/2024).

Raffi, demikian ia disapa, menceritakan pengalaman saat menghadapi peak season pada 4 dan 5 April 2024 lalu. Menurutnya, pada tanggal-tanggal tersebut penumpang domestik di Check-in Counter membludak penuh, hingga antrian penumpang mencapai gate keberangkatan internasional.

“Tidak hanya di check-in counter, tapi juga Counter Informasi, karena banyak penumpang yang bertanya mulai dari fasilitas bandara, restoran, boarding pass, Musala, dan lain sebagainya. Kita juga memberikan himbauan kepada penumpang misalkan dua jam sebelum keberangkatan harus ke check-in counter.”

Selama bertugas melayani penumpang dari Public Information Desk (PID) yang ada di Terminal D, E, dan F, Raffi juga berkoordinasi dengan unit Terminal Inspection Service (TIS) dan Digital Service Bandara internasional Soekarno-Hatta.

“Kami saling berkoordinasi dengan dua unit ini dalam memberikan pelayanan kepada penumpang. Seperti dari unit Digital Service yang memberikan FIDS (Flight Information Display System),” ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1780 seconds (0.1#10.140)