Menkeu Inginkan Skema KPBU Bisa Diterapkan di Semua Daerah

Rabu, 12 Desember 2018 - 20:01 WIB
Menkeu Inginkan Skema KPBU Bisa Diterapkan di Semua Daerah
Menkeu Inginkan Skema KPBU Bisa Diterapkan di Semua Daerah
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani indrawati berharap skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dalam pembangunan infrastruktur bisa diterapkan di berbagai daerah. Skema KPBU diharapkan dapat menjadi solusi dari masalah keterbatasan APBN dalam memenuhi kebutuhan infrastruktur.

Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hari ini meresmikan proyek KPBU Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Semarang Barat di Kantor PDAM Tirta Moedal, Semarang. Sri Mulyani mengatakan, skema KPBU ini bisa dapat ditiru oleh berbagai daerah dalam upaya penyediaan air bersih.

"Ini adalah salah satu cara kita menularkan ke kota-kota lain. Melalui inovasi ini diharapkan akan lahir proyek infrastruktur yang dibangun tepat waktu dan tepat jangkauan bagi masyarakat yang membutuhkan," ujar Sri Mulyani dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu (12/12/2018).

Dia mengatakan, SPAM Semarang Barat diharapkan akan menyelesaikan permasalahan krisis air bersih dan penurunan permukaan tanah karena penggunaan air tanah di kota Semarang. Proyek ini akan menggunakan air dari Bendungan Jatibarang untuk menyelesaikan masalah kurangnya penyediaan air baku kota Semarang yang selama ini mengandalkan penyediaan dari Kabupaten Kudus.

"Pada kesempatan ini saya ingin berterima kasih kepada berbagai pihak yang terlibat untuk bisa melayani dalam pemenuhan minimum service delivery untuk kota Semarang. Air bersih adalah kebutuhan dasar yang seharusnya tersedia makanya tidak boleh ditunda," jelasnya.

Sebagai informasi, SPAM Semarang Barat adalah proyek pembangunan SPAM yang direncanakan sebagai pilot project SPAM dengan skema pendanaan KPBU di Indonesia.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.3860 seconds (0.1#10.140)