Hulu Migas Goes to Campus, SKK Migas Berharap Masukan Akademisi

Jum'at, 14 Desember 2018 - 10:32 WIB
Hulu Migas Goes to Campus, SKK Migas Berharap Masukan Akademisi
Hulu Migas Goes to Campus, SKK Migas Berharap Masukan Akademisi
A A A
JAKARTA - SKK Migas menggelar acara Hulu Migas Goes to Campus. Ajang ini untuk meningkatkan pemahaman industry hulu migas kepada generasi muda. Melalui program tersebut, selain bertujuan untuk peningkatan pemahaman industri hulu migas bagi para pelajar, juga diharapkan SKK Migas dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dapat menerima banyak gagasan dari civitas akademika yang bisa digunakan untuk perbaikan industri hulu migas di masa depan.

Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas, Wisnu Prabawa Taher mengatakan, bagi pelajar sangat penting diketahui bahwa industri hulu migas merupakan proyek negara dan SKK Migas ditunjuk sebagai lembaga negara yang bertugas melakukan pengawasan dan pengendalian. Kegiatan operasinya sendiri dijalankan oleh KKKS, yaitu perusahaan-perusahaan migas yang telah menandatangani kontrak kerja sama hulu migas dengan Indonesia.

Meskipun saat ini harga minyak sedang rendah, tetapi industri ini masih memainkan peran strategis. “Industri ini tidak hanya menghasilkan penerimaan negara, tetapi juga menciptakan multiplier effect bagi perekonomian nasional,” kata Wisnu di Jakarta.

SKK Migas selalu mengupayakan untuk menyampaikan mengenai pentingnya menciptakan iklim investasi yang kondusif di industri ini. “Kami sampaikan ini dalam berbagai kesempatan, termasuk dalam acara Hulu Migas Goes to Campus kepada para pelajar di daerah,” terang dia.

Edukasi mengenai industri hulu migas memang harus terus dilakukan karena masih banyak masyarakat dan pelajar daerah belum memahami peran dan fungsi SKK Migas terhadap kelangsungan industri migas di Indonesia. Edukasi juga penting bagi masyarakat agar memiliki kesadaran yang sama untuk menjaga iklim investasi di masing-masing daerah tetap kondusif untuk kelangsungan usaha migas yang memberikan kontribusi tidak sedikit bagi kemajuan Indonesia.

Para pelajar saat ini sebaiknya memahami industri yang akan mereka minati untuk bekerja. Kenyataan saat ini, banyak pelamar kerja yang terbata-bata saat wawancara bila menghadapi pertanyaan seputar industri yang mereka tuju untuk bekerja. Padahal, fasilitas mesin pencari di internet begitu mudah diakses sehingga mereka seharusnya bisa menjawab dengan baik.

Salah satu industri yang banyak diminati para pelajar adalah sektor hulu minyak dan gas bumi. Umumnya, industri tersebut tersebar di berbagai daerah Indonesia. Karena itu, para pelajar dan mahasiswa di daerah harus memahami dengan baik apa itu industri hulu migas.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4651 seconds (0.1#10.140)