alexametrics

Dukung Desa Juara, bank bjb Siap Buka Akses Keuangan

loading...
Dukung Desa Juara, bank bjb Siap Buka Akses Keuangan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil didampingi manajemen bank bjb saat peluncuran program Desa Juara di Garut, Jabar, Kamis (20/12/2018). Foto/Dok.
A+ A-
GARUT - Bank bjb mendukung program Desa Juara dengan membuka akses keuangan di pedesaan di Jawa Barat. Dukungan tersebut diharapkan meningkatkan inklusi keuangan di Jawa Barat. Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko yang melaksanakan tugas Direktur Utama bank bjb, Agus Mulyana, mengatakan bank bjb siap memberikan dukungan dengan membuka akses keuangan atau perbankan di desa-desa. Realisasinya akan digulirkan melalui program bjb BiSA Laku Pandai.

"Ini sebagai bentuk peran serta bank bjb dalam peningkatan inklusi keuangan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat. bank bjb hadir untuk percepatan akses keuangan dengan produk-produk perbankan seperti tabungan dan kredit, khususnya di pedesaan," kata Agus pada peluncuran program Desa Juara "One Village One Company" di Garut, Kamis (20/12/2018).

Menurut dia, dukungan bank bjb terhadap program Desa Juara "One Village One Company" adalah komitmen terus mendukung program-program pemerintah sebagai agent of development. Program Desa Juara yaitu desa yang mampu mandiri dalam mengelola, mendayagunakan potensi desa, membangun desa dan memberdayakan masyarakatnya.



bank bjb, kata Agus, selama ini selalu mencermati potensi perekonomian di desa-desa. Pihaknya juga selalu berupaya menyelaraskan kegiatan usaha bank bjb dengan program Pemprov Jawa Barat melalui produk dan program pemberdayaan desa, yaitu program PESAT bank bjb bagi desa.

"Dengan produk tersebut, bank bjb hadir sebagai bank yang produk-produknya dapat diakses sampai dengan wilayah administratif di bawah kecamatan atau desa," jelas dia.

Agus juga memaparkan, dalam program Desa Juara, unsur masyarakat juga diikutsertakan. Unsur ini antara lain lembaga masyarakat di desa, seperti BPD, LPM, RW, PKK, Karang Taruna, Posyandu, dan BUMDesa. Selain itu, terdapat kelompok seniman dan cendekiawan, sesepuh kampung adat di Jawa Barat, LSM, Ibeka, hingga pondok pesantren.

Pada kesempatan itu, juga dilakukan pula penandatangan kerjasama Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) bank bjb dengan Dinas Desa Kabupaten Garut. Peluncuran dibuka dengan acara diskusi terbatas mengenai potensi atau masalah desa perbatasan, Kendang Pencak Silat dan Oray-Orayan, penanaman pohon. Kemudian ditutup dengan peninjauan BUMDesa, binaan TPAKD, peninjauan produk unggulan masyarakat desa binaan dan lainnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak