Cetak Uang Dianggap Lebih Tepat Dibanding Bikin Utang

Selasa, 18 Agustus 2020 - 13:52 WIB
loading...
Cetak Uang Dianggap Lebih Tepat Dibanding Bikin Utang
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengamat kebijakan publik, Agus Pambagio, menilai kebijakan mencetak uang diperlukan di tengah pandemi Covid-19 saat ini. Sebab, dengan adanya kebijakan tersebut akan memastikan peredaran uang hingga seluruh lapisan masyarakat.

"Menurut saya, dari sisi kebijakan cetak uang yang paling pas karena uang itu akan beredar di bawah. Kalau kita pakai utang, uang akan beredar di atas," ujar Agus dalam acara Market Review IDX Channel, Selasa (18/8/2020).

Agus menambahkan, kebijakan mencetak uang menjadi penting di masa saat ini karena dibutuhkan untuk memastikan perekonomian bergerak hingga level bawah. ( Baca juga:BI Ungkap Penyebab Adanya Gambar Pakaian Adat China di Uang Baru Pecahan Rp75.000 )

"Menurut saya, ini jadi critical menghidupkan yang bawah supaya ekonomi jalan. Kalau itu tidak ada saya khawatir, minusnya perlahan semakin melebar. Ini yang penting sekarang bagaimana rakyat kita hidup, kebijakannya harus ke arah sana," kata dia.

Meskipun pemerintah telah meluncurkan berbagai kebijakan stimulus ekonomi, Agus menyebut langkah itu dirasa masih kurang. Sebab, selama ini kebijakan stimulus hanya anggaran yang dipindah-pindahkan saja.

"Sekarang ini yang menurut saya yang penting adalah kebijakan bagaimana menghidupkan rakyat bawah bisa bertransaksi. Artinya mereka harus dapat uang tunai untuk berbelanja supaya ekonomi di bawah itu jalan," ucapnya.
(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1674 seconds (0.1#10.140)