alexametrics

Pasokan Minim, Harga Telur dan Cabai di Salatiga Masih Tinggi

loading...
Pasokan Minim, Harga Telur dan Cabai di Salatiga Masih Tinggi
Harga telur ayam di Salatiga masih relatif tinggi di kisaran Rp24.000 per kg. Foto/Ilustrasi
A+ A-
SALATIGA - Harga telur ayam dan cabai di Salatiga, Jawa Tengah, hingga saat ini masih tinggi. Sejak mengalami kenaikan di awal Desember lalu, hingga saat ini harga telur masih stabil di kisaran Rp24.000 per kg. Sedangkan harga cabai merah bertahan Rp35.000 per kg.
Tingginya harga telur dan cabai ini diperkirakan akibat produksi yang belum optimal. "Harga telur dan cabai masih tinggi dan entah kapan akan turun. Biasanya harga akan turun jika stok di pasaran sudah banyak," kata Munjiati (46) pedagang Pasar Blauran, Salatiga, Minggu (6/1/2019).
Dia mengatakan, sampai saat ini stok cabai belum melimpah dan harga di tingkat distributor juga masih tinggi. Ini terjadi karena banyak petani yang mengalamai gagal panen. "Pada musim hujan banyak petani yang tidak panen karena tanaman cabai banyak yang terkena penyakit. Efeknya harga melambung," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Usaha Perdagangan pada Dinas Perdagangan Kota Salatiga Sri Handayani menjelaskan, menjelang Natal 2018 harga sembako di Salatiga mengalami kenaikan harga, antara lain telur dan cabai teropong. Harga telur naik Rp3.000 dari harga sebelumnya Rp21.000 atau menjadi Rp24.000 per kg.

"Harga telur naik mulai 7 Desember 2018. Hingga saat ini relatif stabil di harga Rp24.000 per kg," ujarnya.

(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak