Pembangunan PAUD, PLTS, dan PNB Bukti Komitmen PT Sasa Inti Pada Pembangunan Berkelanjutan

Rabu, 08 Mei 2024 - 15:08 WIB
loading...
Pembangunan PAUD, PLTS, dan PNB Bukti Komitmen PT Sasa Inti Pada Pembangunan Berkelanjutan
PT Sasa Inti mengumumkan serangkaian langkah strategis yang mendukung pembangunan berkelanjutan di seluruh operasinya. (Foto: dok Sasa Inti)
A A A
PROBOLINGGO - Pemerintah Indonesia terus berkomitmen dalam melaksanakan pembangunan berkelanjutan sesuai dengan aturan RPJMN 2020 – 2024, di mana pembangunan berkelanjutan telah ditetapkan sebagai salah satu aspek yang bertujuan memberikan akses pembangunan yang adil dan inklusif, serta menjaga lingkungan hidup. Dengan demikian, pembangunan berkelanjutan diharapkan mampu meningkatkan kualitas kehidupan dari satu generasi ke generasi berikutnya.

PTSasa Intimerupakan perusahaan makanan dan bumbu masak terkemuka yang bertumbuh secara sehat dan berkelanjutan guna memiliki daya saing yang tinggi. Sebagai bagian dari dukungan perusahaan terhadap pelaksanaan pembangunan berkelanjutan yang dilkukan pemerintah, serta komitmen jangka panjangnya terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan, PT Sasa Inti mengumumkan serangkaian langkah strategis yang mendukung pembangunan berkelanjutan di seluruh operasinya.

Pembangunan berkelanjutan telah menjadi landasan utama bagi PT Sasa Inti dalam mengelola bisnisnya. Dengan memahami pentingnya keberlanjutan bagi masa depan planet ini, Sasa telah mengambil langkah-langkah nyata untuk meminimalkan dampak lingkungan dan memperkuat dampak positifnya terhadap masyarakat.

Beberapa inisiatif terbaru yang diumumkan oleh PT Sasa Inti, yaitu:

1. Pemberdayaan Komunitas: PT Sasa Inti akan terus berinvestasi dalam proyek-proyek yang memberdayakan masyarakat setempat, termasuk melakukan berbagai macam edukasi yang mendukung peningkatan wawasan masyarakat, serta pembangunan fasilitas pendidikan, sekaligus diresmikan pada waktu yang sama sebagai sarana tempat belajar untuk anak-anak PAUD Among Putera.

Pembangunan gedung PAUD Among Putera merupakan kolaborasi antara Sasa dengan Happy Heart Indonesia, serta dukungan terhadap (Sustainable Development Goals) nomor 14, yaitu memastikan pendidikan yang inklusif dan berkualitas setara, juga mendukung kesempatan belajar seumur hidup bagi semua, dan pengaplikasian pilar Social Care pada Sasa Sustainability Framework.

2. Penggunaan Sumber Daya Terbarukan: Sasa berusaha mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil melalui penggunaan energi terbarukan dalam operasinya yang dibuktikan melalui peresmian instalasi Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

PT Sasa Inti Gending secara resmi mulai bekerja sama dengan PT Centra Multi Suryanesia untuk melakukan inisiasi penggunaan PLTS pada atap Plant Packing di September 2023. Konstruksi PLTS pada atap Plant Packing berlangsung mulai Oktober 2023 sampai dengan Januari 2024.

Pemasangan PLTS tersebut menghasilkan energi Listrik sebesar 503 kWp yang akan mengurangi jekak karbon (carbon footprint) sebesar 634 Ton CO2 per tahun atau setara dengan penanaman 866 pohon per tahun. Inisiatif pembangungan PLTS merupakan salah satu usaha yang dilakukan dalam Upaya pengurangan emisi karbon.

3. Efisiensi Penggunaan Sumber Daya Alam: Sasa berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon dengan mengadopsi teknologi hijau, meningkatkan efisiensi energi, dan mengurangi limbah. Peresmian instalasi Plasma Nano Bubble merupakan aksi nyata untuk memerangi perubahan iklim dan dampaknya (SDG No 13), serta pengaplikasian pilar Environment Care pada Sasa Sustainability Framework.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)