HT: Hadapi Industri 4.0, SDM Harus Dibangun

Jum'at, 25 Januari 2019 - 10:21 WIB
HT: Hadapi Industri 4.0, SDM Harus Dibangun
HT: Hadapi Industri 4.0, SDM Harus Dibangun
A A A
JAKARTA - Human resources development atau pembangunan sumber daya manusia harus dilakukan di tengah perkembangan industri 4.0 yang menggantikan bisnis konvensional dengan digital.

Hal itu disampaikan Chairman MNC Group Hary Tanoesoedibjo (HT) seusai Manager Forum XXXVII bertema “Indonesia Economic Outlook 2019 & Corporate Business Update” di iNews Tower, Jakarta, kemarin. “Kita harus selalu mampu beradaptasi. Zaman now ini mengubah banyak hal," tuturnya di hadapan ribuan karyawan level manager up.

Dia mengatakan industri 4.0 berbeda dengan era sebelumnya di mana teknologi mendukung bisnis, sedangkan saat ini teknologi menggantikan bisnis konvensional. Misalnya saja seperti e-commerce menggantikan ritel tradisional, server pun saat ini sudah tergantikan oleh cloud.

Ketua Umum Federasi Futsal Indonesia itu menambahkan, MNC Group pun memberi wadah bagi generasi muda untuk mengembangkan diri di bidang digital. Dibangunnya MNC Innovation Center, lanjut HT, juga sebagai bentuk kesiapan MNC Group dalam menghadapi era digital.

"Kita ada MNC Innovation Center untuk mem-backup semua unit ke era digital. Terdiri atas 300 anak muda," terang pria yang telah memberikan kuliah umum pada lebih dari 200 perguruan tinggi se-Indonesia itu.

Mereka mendukung seluruh grup mulai dari media, properti hingga jasa keuangan dari MNC Group.

Selain itu HT mengungkapkan, MNC Group memiliki training center yang memberikan pelatihan teknis, personality building, dan leadership training sehingga setiap karyawan bisa andal di bidangnya dan memiliki daya saing. "Jadi kita bangun dua-duanya. Bukan technical saja, tetapi membangun manusianya juga," katanya.

MNC Group juga memiliki kampus, yakni MNC College, yang membangun manusia Indonesia dari sisi pendidikan formal. Bagi yang kurang mampu dari segi ekonomi, ada subsidi yang diberikan.

Pada kesempatan itu HT pun menegaskan komitmen MNC Group untuk terus berperan dalam membangun perekonomian nasional. Salah satunya melalui pajak dan penciptaan lapangan kerja yang sangat dibutuhkan Indonesia yang mengalami bonus demografi. Saat ini, karyawan MNC Group yang terdiri atas 100 lebih perusahaan adalah 36.000 orang dan terus bertambah setiap tahunnya. (Oktiani Endarwati)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5422 seconds (0.1#10.140)