alexametrics

Sirkuit MotoGP di Mandalika, Menko Luhut: Bakal Tingkatkan Investasi

loading...
Sirkuit MotoGP di Mandalika, Menko Luhut: Bakal Tingkatkan Investasi
Menko bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengomentari, rencana Indonesia untuk membangun sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto/Ilustrasi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan mengomentari, rencana Indonesia untuk membangun sirkuit MotoGP di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) yang bakal menelan biaya hingga Rp3,6 triliun. Menurutnya keinginan tersebut harus disambut dengan optimisme, lantaran bakal berdampak positif terhadap investasi dan perekonomian.
(Baca Juga: Gelar MotoGP 2021, Indonesia Targetkan 100 Ribu Wisatawan Mancanegara)
Indonesia memilih Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika yang terletak di Lombok, untuk menjadi lokasi tepat menggelar MotoGP Indonesia pada 2021. Menko Luhut menyebutkan dengan menggelar balapan MotoGP akan menguntungkan Indonesia. "Ini kabar yang baik untuk kita karena bakal meningkatkan investasi di Indonesia dan menambah nilai untuk ekonomi daerah," ujar Luhut di Jakarta, Jumat (22/2/2019).

Sambung dia menambahkan, penetapan Mandalika juga bakal berdampak terhadap sektor pariwisata yakni meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Indonesia. Hingga akhirnya berimbas dengan meningkatkan devisa negara. "Ya bagus akan bagus karena pariwisata akan naik, jadi jangan pesimis harus optimis," jelasnya.

Sebagai informasi, Pembangunan Sirkuit Mandalika ini sendiri akan dimulai pada Oktober 2019. Sirkuit tersebut akan dibangun menggunakan konsep sirkuit jalanan dengan panjang lintasan 4,32 km. Pada tata letaknya, sirkuit tersebut akan menampilkan 18 tikungan yang telah disetujui pihak Komisi Keselamatan FIM.



Adapun sebelumnya pembangunan jalanan sirkuit akan dilakukan pada Oktober mendatang dan ditargetkan selesai pada akhir 2020. Dalam proses pembangunan, ada tahap peningkatan standar hingga uji layak.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak