Inkud dan Guang Xi Construction Bangun Pabrik Gula Berkapasitas 12 Ribu Ton/Hari

Senin, 27 Mei 2024 - 14:15 WIB
loading...
Inkud dan Guang Xi Construction Bangun Pabrik Gula Berkapasitas 12 Ribu Ton/Hari
Induk Koperasi Unit Desa (INKUD) bersama dengan Guang Xi Construction membangun pabrik gula berkapasitas 12 ribu ton/hari. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Induk Koperasi Unit Desa (INKUD) terus berupaya membantu pemerintah melalui pemberdayaan ekonomi rakyat bersama koperasi . Setelah sebelumnya menandatangani kerja sama pengembangan perkebunan tebu dengan pihak Guang Xi Agricultural sciense China untuk pembenihan dan pembibitan tebu, Inkud kini membangun pabrik gula berkapasitas 12 ribu ton/hari pada 25 Mei 2024.



Penandatangan tersebut langsung dilakukan oleh Ketua umum INKUD Portasius Nggedi dengan Xu Muxin Presiden perusahaan Guang Xi Construation engineering grup dikantor Guang Xi grup di Nanning China. Lalu pada bulan Juli tahun ini tim Guang Xi akan berangkat ke Jakarta untuk mempersiapkan hal tersebut. Pembangunan pabrik tersebut akan memakan waktu 1,5 tahun dan diharapkan bisa mulai pada tahun ini.



Sekretaris dewan pembina Inkud yang sekaligus wakil ketua umum Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), Ferry Juliantono menyatakan, rencana perluasan perkebunan tebu dan pembangunan Pabrik ini akan mengurangi impor gula Indonesia dan memperkuat kedaulatan pangan nasional seperti yang diharapkan oleh Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam keterangannya, Minggu (26/5/2024)

"Impor gula Indonesia adalah yang terbesar di dunia yaitu 5 jutaan ton setiap tahunnya. Jadi ini harus dikurangi dan kita harus menanam tebu kembali," tegas Ferry.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1127 seconds (0.1#10.140)