Deretan Negara-negara Ini Boikot Pesawat Boeing 737 MAX

Sabtu, 16 Maret 2019 - 14:42 WIB
Deretan Negara-negara Ini Boikot Pesawat Boeing 737 MAX
Deretan Negara-negara Ini Boikot Pesawat Boeing 737 MAX
A A A
JAKARTA - Pasca jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines pada Minggu (10/3) yang menewaskan 157 penumpang dan awak, sejumlah besar negara dan maskapai penerbangan di seluruh dunia telah melarang pengoperasian Boeing 737 MAX atau melarang pesawat itu terbang di wilayah udara mereka. Isu rentannya keamanan pesawat Boeing 737 MAX mencuat, lantaran kecelakaan tersebut menjadi yang kedua kalinya.

Sebelumnya kecelakaan di Addis Ababa, hanya berselang kurang dari lima bulan pesawat Lion Air jatuh dengan jenis yang sama di Laut Jawa, hingga menewaskan 189 penumpang dan awak. Setelahnya insiden tersebut, banyak pihak menerangkan terdapat kesamaan antara dua kecelakaan dengan melibatkan pesawat Boeing 737 Max tersebut.

Bahkan Boeing sebagai produsen akhirnya, mengeluarkan kebijakan larangan terbang untuk semua armada jenis 737 MAX di seluruh dunia hingga batas waktu yang belum ditentukan. Berikut negara-negara mana saja yang telah mengandangkan, maupun melarang terbang pesawat Boeing series 737 MAX.

1. Uni Eropa

Badan Keselamatan Penerbangan Eropa (EASA), Selasa (12/3), telah mengeluarkan perintah larangan terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX 8 dan MAX 9. EASA mengatakan perintah darurat tentang kelaikan udara itu masih “tahap awal” dari penyelidikan terbaru yang “tidak dapat mengecualikan adanya penyebab serupa pada kedua peristiwa (jatuhnya Boeing jenis 737 MAX 8.red).”

Perintah itu diberlakukan di seluruh wilayah udara Uni Eropa. Dalam hal ini, badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (UE) menangguhkan semua penerbangan Boeing 737 Max 8 di Eropa sebagai tindakan pencegahan.

2. China

Regulator penerbangan China menyatakan pada hari Senin (11/3) telah memerintahkan maskapai penerbangan di negara itu untuk menunda operasi pesawat Boeing Co 737 MAX setelah kecelakaan mematikan pada pesawat Boeing 737-8 MAX yang dioperasikan oleh Ethiopian Airlines.

Perusahaan penerbangan China memiliki 96 pesawat series 737 MAX yang beroperasi, kata regulator perusahaan negara itu di Weibo. Sementara, Caijing, outlet berita yang dikelola pemerintah China yang mencakup keuangan dan ekonomi, mengatakan banyak penerbangan dijadwalkan untuk menggunakan 737 pesawat Max sebaliknya akan menggunakan model 737-800.

3 Singapura

Otoritas Penerbangan Sipil Singapura (CAAS) untuk sementara melarang semua pesawat Boeing model 737 Max untuk masuk dan keluar dari negara tersebut. Keputusan ini diambil setelah insiden kecelakaan pesawat Boeing Max 8 milik Ethiopian Airlines pada akhir pekan kemarin, yang menewaskan 157 orang di dalamnya.

Changi Singapura merupakan bandara tersibuk keenam di dunia, tetapi belum jelas apakah penerbangan yang sudah ada bakal dibatalkan. SilkAir, maskapai penerbangan di bawah payung Singapore Airlines, memilki enam 737 MAX 8. Pemerintah Singapura mengatakan “larangan itu akan menimbulkan dampak pada sebagian jadwal penerbangan.”

4. Inggris

Pada Selasa, Inggris juga menangguhkan penerbangan pesawat 737 MAX di atas wilayahnya. "Dengan ini kami, sebagai tindakan pencegahan, telah mengeluarkan instruksi untuk menghentikan penerbangan penumpang komersial dari operator mana pun yang tiba, berangkat atau melebihi batas wilayah udara Inggris," kata juru bicara otoritas penerbangan Inggris.

Otorita Penerbangan Sipil Inggris, CAA, mengatakan pelarangan operasional Boeing 737 Max di wilayah udara negara tersebut "sebagai langkah berjaga-jaga".

5. Indonesia

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengambil langkah untuk melakukan inspeksi, dengan menerapkan larangan terbang sementara pesawat Boeing 737-8 MAX di Indonesia. Kebijakan diambil untuk memastikan bahwa pesawat yang beroperasi di Indonesia dalam kondisi laik terbang, setelah jatuhnya Pesawat Ethiopian Airlines berjenis Boeing 737-8 MAX.

"Salah satu langkah yang akan dilakukan oleh Ditjen Hubud adalah melakukan inspeksi dengan cara larang terbang sementara (temporary grounded), untuk memastikan kondisi pesawat jenis tersebut laik terbang (airworthy) dan langkah tersebut telah disetujui oleh Menteri Perhubungan,” kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti di Jakarta, Senin (11/3) .

Inspeksi akan dimulai secepatnya dan apabila ditemukan masalah pada saat inspeksi, maka pesawat tersebut akan dilarang terbang sementara sampai dinyatakan selesai oleh inspektur penerbangan.

6. India

India mengikuti jejak Eropa serta menambah daftar panjang negara-negara yang memboikot penggunaan pesawat Boeing 737 Max. India telah melarang terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX sejak Selasa malam (12/3), dengan mengatakan pesawat-pesawat itu akan dilarang terbang “hingga ada modifikasi yang tepat dan dilakukan langkah-langkah keselamatan untuk memastikan keamanan operasi mereka.”

7. Thailand

Dua hari yang lalu, Thailand ikut melarang terbang sementara pesawat jenis Boeing 737 MAX menyusul kecelakaan pesawat B 737 MAX 8 milik Ethiopian Airlines. Keputusan itu juga berimbas terhadap dua unit pesawat jenis B 737 MAX 9 yang dioperasikan Thai Lion Air.

Otoritas Penerbangan Sipil Thailand melarang penggunaan Boeing 737 MAX karena alasan keselamatan. Regulator mengatakan larangan sementara B 737 MAX 9 milik Thai Lion Air berlaku selama tujuh hari mulai Kamis (14/3/2019) dan akan dilanjutkan dengan investigasi aspek keselamatan.

Managing Director Lion Air Group Capt Daniel Putut Kuncoro Adi mengatakan, otoritas di Thailand memutuskan pesawat jenis Boeing 737 MAX akan dilarang terbang (grounded). Lion Air yang mengoperasikan Thai Lion di sana pun ikut terdampak. "Thai Lion punya dua ya. Otomatis semua pesawatnya akan di-grounded lah," katanya beberapa waktu lalu

8. Korea Selatan

Kementerian Transportasi Korea Selatan mengatakan pada Jumat, melarang pesawat Boeing 737 Max 8 dan 9 masuk di wilayah udara negara itu selama tiga bulan karena meningkatnya kekhawatiran tentang keselamatan pesawat.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Korsel mengeluarkan pemberitahuan kepada penerbang (Notam) pada Kamis (14/3) untuk memberi tahu pilot dan maskapai penerbangan mengenai keputusannya melarang pesawat Boeing mendarat dan lepas landas di bandara setempat dan memasuki wilayah udara negara itu selama tiga bulan ke depan.

Maskapai penerbangan Eastar Jet akhirnya melarang terbang dua pesawat Boeing 737 MAX 8 dan menggantikannya dengan Boeing 737-800 untuk penerbangan ke Jepang dan Thailand. Maskapai itu mengatakan tidak menemukan masalah apapun, tetapi tetap mengeluarkan larangan itu berdasarkan masukan para penumpang yang khawatir.

9. Uni Emirat Arab

Sementara itu, keputusan Uni Emirat Arab diambil setelah Otorita Penerbangan Sipil UEA mencapai kesepakatan dengan Boeing dan otoritas di Amerika Serikat untuk melakukan investigasi. Alhasil Uni Emirat Arab mengkandangkan seluruh Boeing 737 MAX dari wilayah udara mereka sebagai “langkah berjaga-jaga.”

MAX adalah jenis pesawat utama yang digunakan maskapai dengan biaya operasi rendah milik pemerintah, FluDubai. Maskapai ini mengoperasikan 11 Boeing 737 MAX 8 dan dua MAX 9. Total armada maskapai ini adalah 60 pesawat, mencakup beberapa model 737 lainnya.

10. Australia

Australia bergabung dengan negara-negara lain yang menghentikan sementara pengoperasian pesawat Boeing 737 Max 8. Negeri Kangguru itu juga melarang pesawat itu masuk dan keluar wilayah udaranya.

Meski begitu tidak ada satu pun maskapai negara kanguru itu yang mengoperasikan jenis pesawat tersebut. Otorita Keselamatan Penerbangan Sipil hari Selasa (12/3) mengatakan larangan itu ditujukan pada dua maskapai penerbangan asing – SilkAir dan Fiji Airways – yang menggunakan jenis pesawat itu untuk terbang ke Australia.

11. Malaysia

Otoritas penerbangan sipil Malaysia (CAAM) menyampaikan, larangan untuk pesawat Boeing 737 Max 8 berlaku untuk semua maskapai. Hal ini baik yang terbang menuju atau dari Malaysia serta transit di Malaysia hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Otorita Penerbangan Sipil mengatakan tidak ada maskapai Malaysia yang mengoperasikan Boeing 737 MAX 8, tetapi maskapai-maskapai penerbangan asing tetap dilarang terbang di wilayah udara Malaysia dan juga untuk singgah di bandara mereka hingga pemberitahuan lebih lanjut.

12. Kanada

Hal serupa dilakukan pemerintah Kanada, Rabu (13/3) dengan menutup wilayah udaranya untuk digunakan Boeing 737 MAX 8. Menteri Transportasi Kanada Marc Garneau mengatakan perbandingan fluktuasi vertikal menemukan “kemiripan profil” kecelakaan pesawat Ethiopian Airlines dengan Lion Air. Kanada kehilangan 18 warga negara dalam kecelakaan di Ethiopia pada Minggu, jumlah korban tewas terbanyak kedua setelah Kenya.

13. Turki

Turkish Airlines melarang terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX. CEO Turkish Airlines Bilal Eksi lewat Twitter menyatakan bahwa penangguhan itu akan berlanjut “hingga masalah keamanan yang terkena dampak dapat diselesaikan.”

14. Vietnam

Vientam melarang seluruh pesawat Boeing 737 MAX dari wilayah udaranya hingga pemberitahuan lebih lanjut. Tidak satu pun dari empat maskapai di Vienam menggunakan model 737 MAX, tetapi maskapai Easter Jet milik Korea Selatan, Lion Air milik Thailand dan Malindor Air milik Malaysia terbang ke beberapa bandara di Vietnam.

Media pemerintah Vietnam melaporkan Otoritas Penerbangan Sipil Vietnam (CAAV) tidak akan mengeluarkan lisensi terbang kepada maskapai penerbangan lokal untuk mengoperasikan Boeing 737 MAX 8 sampai penyebab kecelakaan Ethiopian Airlines diumumkan.

15. Hong Kong

Hong Kong, Rabu (13/3), melarang operasi seluruh Boeing 737 MAX “yang terbang dari, menuju ke, atau berada di atas wilayah udara” pusat penerbangan utama di Asia itu. Pengumuman Departemen Penerbangan Sipil itu mengatakan larangan itu akan berlanjut “hingga ada pemberitahuan lebih lanjut.”

Ditambahkan, departemen itu telah menghubungi dua maskapai penerbangan yang menggunakan Boeing 737 MAX dari atau menuju bandara internasional Hong Kong, yaitu SpiceJet milik India dan Globus Airlines milik Rusia.

16. Brazil

Gol Airlines di Brazil telah menangguhkan penggunaan tujuh pesawat Boeing 737 MAX 8. Maskapai itu berharap dapat segera menggunakan kembali jenis pesawat itu. Gol Airlines menggunakan MAX 8 untuk hampir 3.000 penerbangan.

17. Amerika Serikat

Administrasi Penerbangan Federal (FAA), Rabu (13/3), melarang terbang seluruh pesawat Boeing 737 MAX, dengan mengatakan “informasi baru” menunjukkan sejumlah kemiripan antara pesawat Ethiopian Airlines dan Lion Air yang sama-sama jatuh beberapa menit setelah lepas landas dari bandara.

18. Afrika Selatan

Comair, pengelola British Airways dan Kulula di Afrika Selatan, telah melarang terbang seluruh Boeing 737 MAX 8 sambil melanjutkan konsultasi dengan Boeing, operator penerbangan lain dan pakar-pakar teknis. Pernyataan itu tidak merinci berapa banyak pesawat yang terkena dampak, namun menegaskan bahwa keputusan diambil tanpa dipengaruhi siapa pun.

19. Belgia

Belgia menutup ruang udaranya untuk pesawat Boeing 737 MAX, kata kantor berita negara, Belga, mengutip menteri transportasi Francois Bellot. Airlines, China Southern Airlines, dan Hainan Airlines.

20. Islandia

Icelandair Group telah menghentikan untuk sementara waktu operasi tiga pesawat Boeing 737 MAX hingga pemberitahuan lebih lanjut. Presiden dan CEO Icelandair Bogi Nels Bogason, Selasa (12/3), mengatakan penangguhan sementara itu tidak akan berdampak pada operasi perusahaan karena dari 33 pesawat yang ada, hanya ada tiga jenis 737 MAX.

21. Meksiko

Maskapai penerbangan Aeromexico telah melarang terbang enam pesawat 737 MAX 8, dengan mengatakan “pihaknya benar-benar percaya pada keamanan armada Aeromexico tetapi memerintahkan larangan terbang itu untuk memastikan keselamatan operasi dan pelanggannya.

22. Selandia Baru

Selandia Baru telah melarang terbang penerbangan Boeing 737 MAX 8 dari dan menuju ke negara itu. Keputusan itu menimbulkan dampak pada satu operator, yaitu Fiji Airways. Tidak ada maskapai penerbangan lain di Selandia Baru yang menggunakan MAX 8.

23. Oman

Oman dan Uni Emirat Arab telah melarang seluruh pesawat jenis 737 MAX 8 dan MAX 9. Otorita Publik Penerbangan Sipil Oman menyampaikan pengumuman tanpa merinci alasannya. Oman Air milik pemerintah mengoperasikan lima pesawat Boeing 737 MAX 8 dan kini menjadwalkan jenis pesawat lain untuk menggantikannya.

24. Kepulauan Cayman

Cayman Airways, sebuah maskapai penerbangan Karibia, tidak lagi menggunakan dua Boeing 737 MAX 8. Presiden dan CEO Cayman Airways Fabian Whorms mengatakan langkah yang diambil Senin lalu itu (11/3) akan menimbulkan perubahan jadwal penerbangan.

25. Ethiopia

Juru bicara Ethiopian Airlines mengatakan pihaknya telah melarang terbang sisa empat pesawat Boeing 737 MAX 8 sebagai “langkah keamanan ekstra” sambil menyelidiki kecelakaan.

26. Fiji

Fiji telah melarang seluruh pesawat Boeing 737 MAX 8 yang terbang dari atau menuju ke negara itu. Keputusan itu hanya menimbulkan dampak pada satu maskapai penerbangan yaitu Fiji Airways.

27. Panama

Copa Airlines telah melarang terbang untuk sementara waktu enam Boeing 737 MAX 9 hingga penyebab jatuhnya pesawat Ethiopian Airlines diketahui.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4830 seconds (0.1#10.140)