Inovasi Ala Insight IM Berbuah Bintang 5 TOP CSR Awards 2024

Sabtu, 01 Juni 2024 - 16:17 WIB
loading...
Inovasi Ala Insight IM Berbuah Bintang 5 TOP CSR Awards 2024
Insight IM kembali meraih penghargaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR). Kali ini, Insight IM meraih penghargaan tertinggi, yakni penghargaan bintang 5 dalam ajang TOP CSR Awards 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Insight Investments Management (Insight IM) kembali meraih penghargaan di bidang Corporate Social Responsibility (CSR). Kali ini, Insight IM meraih penghargaan tertinggi, yakni penghargaan bintang 5 dalam ajang TOP CSR Awards 2024 yang diadakan Top Business pada Rabu (29/5/2024) di Hotel Raffles Jakarta.



Perusahaan yang meraih level/star 5 dinilai memiliki sistem, kebijakan, dan pelaksanaan CSR yang berada di level ‘ekselen’ dalam mendukung strategi pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

“Tahun lalu dalam penghargaan Top CSR Awards ini, Insight IM meraih level star 4 dan pada tahun 2024 ini, dengan bangga kami bisa meraih level star 5 sebagai level tertinggi dalam ajang penghargaan ini. Program-program CSR Insight IM dinilai inovatif dan layak acuan atau contoh bagi perusahaan lainnya. Selain itu capaian ini juga mencerminkan bahwa inisiatif program CSR Insight IM telah sejalan dengan ISO 26000 SR serta mengadopsi Creating Shared Value (CSV),” ungkap Direktur Insight IM, Ria M. Warganda dalam keterangannya, Rabu (29/5/2024).

Dalam ajang ini, Direktur Insight IM, Ria M. Warganda pun dianugerahi penghargaan Top Leader on CSR Commitment 2024. Penghargaan ini diberikan kepada Business Leader atau Presiden Direktur/Pimpinan Tertinggi di perusahaan yang dinilai memiliki komitmen tinggi dalam mendukung kelengkapan sistem, tata kelola, dan keberhasilan implementasi CSR di perusahaan.

“Atas apresiasi ini, kepada Majalah Top Business selaku penyelenggara kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya. Begitu pun kepada investor Insight IM, terima kasih sebesar-besarnya pula atas kepercayaan dan konsistensinya dalam berinvestasi pada produk reksa dana Insight IM,” ungkap Ria.

TOP CSR Awards 2024 mengambil tema “CSR & ESG Innovation Programs for Sustainable Business Growth”. Ajang penghargaan ini digelar untuk mendorong peningkatan efektivitas dan kualitas program CSR perusahaan-perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Tiap tahunnya, TOP CSR Awards selalu diikuti oleh ratusan perusahaan baik swasta, BUMN, dan BUMD di Indonesia.

Menurut Ria, nilai-nilai CSR telah terintegrasi dalam semua produk reksa dana Insight IM. Dana CSR ini berasal dari penyisihan sebagian pendapatan Insight IM (management fee) dari setiap produk reksa dana, dan disalurkan ke berbagai program yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan.

“Sebagaimana slogan Insight IM, transforming investments into social impact, kami selalu mengedepankan prinsip socially responsible investing dalam pengelolaan investasi setiap produk reksa dana,” jelas Ria.

Lebih lanjut, Ria menjelaskan, bahwa sejak pendiriannya, Insight IM telah menjalankan berbagai Program CSR unggulan di beberapa bidang, di antaranya energi terbarukan, ekosistem pertanian dan kelautan, pemberdayaan ekonomi masyarakat, kesehatan, hingga sosial kemasyarakatan dan keagamaan.



Beberapa contoh program CSR unggulan Insight IM, di antaranya adalah Prowomen for Renewable Energy. Program ini berupa dukungan pemanfaatan energi terbarukan bagi kelompok masyarakat petani kopi khususnya petani kopi perempuan di Lombok Tengah, NTB.

Lalu adapula program pencegahan stunting dan gizi balita yang diimplementasikan dalam program Gerakan Keluarga Cegah Stunting (Raga Genting) dan Gerakan Masyarakat Cegah Stunting (GEGATI) di tiga wilayah dampingan.

Kemudian program unggulan lain yang rutin tiap tahunnya dilaksanakan oleh Insight IM adalah pemberangkatan umrah bagi masyarakat yang belum mampu, namun memiliki kontribusi positif bagi lingkungannya. Hingga saat ini, tercatat jemaah umrah yang telah diberangkatkan oleh Insight IM mencapai lebih dari 800 jemaah.

“Bagi kami, reksa dana tidak hanya menghubungkan para pemodal dengan perusahaan yang membutuhkan modal, namun juga dapat menjadi penghubung antara masyarakat yang memiliki modal kepada masyarakat dan lingkungan sekitar yang membutuhkan,” ujar Ria.

Inovasi CSR Ala Insight IM

Selain program unggulan di atas, Insight IM saat ini juga tengah menjalankan beberapa program CSR terbaru salah satunya Desa Energi Insight. Bekerja sama dengan Yayasan Insan Bumi Mandiri dan Yayasan Inspirasi Indonesia Membangun (YIIM), Program yang dijalankan untuk mendukung pengembangan energi terbarukan di Indonesia ini, memberikan solusi berupa bantuan Solar-powered Mini Cold Storage yang akan membantu nelayan untuk menyimpan hasil tangkapan ikan dengan optimal serta sebagai alat pembuatan es balok.

“Berdasarkan survei kewilayahan di Desa Tanjung Boleng, Nusa Tenggara Timur, diketahui bahwa nelayan di desa ini memiliki penghasilan yang rendah bukan karena rendahnya jumlah ikan tangkapan, melainkan mereka tidak bisa menyimpan jumlah tangkapan ikan segar untuk dijual ke Labuan Bajo. Alhasil, penjualan pun terbatas, dan membatasi penghasilan mereka,” jelas Ria.

Desa Tanjung Boleng, kata Ria, sebenarnya memiliki potensi mengembangkan kesejahteraan nelayan karena sudah teraliri listrik PLN. Namun, supply listrik ini hanya cukup untuk kebutuhan rumah tangga sehari-hari.

“Berangkat dari masalah yang ada, akhirnya kami (Insight IM), Yayasan Insan Bumi Mandiri serta YIIM tergerak untuk melakukan inovasi sosial dengan menyediakan mereka Solar-powered Mini Cold Storage. Mesin cold storage dan ice maker yang berdaya lebih besar memungkinkan nelayan menyimpan hasil tangkapan mereka dengan optimal. Cold storage ini akan menggunakan energi terbarukan dari panel surya, baterai, dan listrik konvensional secara bergantian,” jelasnya.

Dalam upaya memaksimalkan implementasi program, juga terdapat beberapa aktivitas pelatihan dan pengembangan, seperti pelatihan pengolahan produk ikan, pelatihan kesehatan dan ketahanan keluarga, hingga pelatihan literasi keuangan. Ria mengatakan, bahwa dampak program Desa Energi Insight ini diharapkan mampu menyentuh beberapa aspek utama, mulai dari keluarga, ekonomi, lingkungan, dan pembangunan.

“Mulai dari meningkatnya kesejahteraan keluarga nelayan, memberikan supply ikan yang memenuhi permintaan pasar, semakin sadarnya masyarakat akan pentingnya penggunaan energi ramah lingkungan, hingga berkontribusi pada pemenuhan 17% pembauran energi primer nasional pada 2025,” tuturnya.

Selain program CSR di atas, Insight IM juga secara rutin menjalankan, program CSR bertema sosial lingkungan dan telah sukses melakukan implementasi program Youth for Climate Action Bandung. Program ini difokuskan pada pemberdayaan anak muda dalam mengadvokasi isu perubahan iklim.

Program ini berhasil menjangkau 300 penerima manfaat langsung dan lebih dari 10.000 penerima manfaat tidak langsung, berkolaborasi dengan lebih dari 10 mitra organisasi anak muda. Beberapa agenda utamanya seperti kampanye dan kompetisi online serta pelatihan advokasi anak muda untuk perubahan iklim berhasil memberikan inspirasi dan insight tersendiri bagi para pesertanya.

Yulia (22) misalnya, seorang disabilitas netra low vision yang terlibat aktif dalam advokasi dan mempersiapkan workshop untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan kelompok berisiko menghadapi bencana dan krisis iklim.

Meskipun awalnya khawatir, Yulia bekerja sama dengan tim untuk membuat semua materi dan fasilitas aksesibel. Peserta workshop, termasuk guru SMP dan guru SLB serta stakeholder pemerintahan, terinspirasi oleh Yulia dan menyadari pentingnya inklusi dan potensi orang dengan disabilitas dalam mitigasi bencana dan krisis iklim.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)