PGE Beberkan Strategi Capai Kapasitas 1 GW dalam 2 Tahun

Sabtu, 08 Juni 2024 - 10:20 WIB
loading...
PGE Beberkan Strategi Capai Kapasitas 1 GW dalam 2 Tahun
PGE menargetkan kapasitan pembangkitan perusahaan mencapai 1 Gigawatt dalam 2 tahun ke depan. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) menegaskan komitmen perusahaan untuk mencapai kapasitas 1 gigawatt (GW) dalam dua tahun ke depan. Untuk merealisasikan hal itu, PGE menyiapkan berbagai inisiatif, baik dalam eksplorasi maupun pengembangan.

"Dengan potensi geothermal yang melimpah, kita memiliki kesempatan yang besar dan peran yang penting dalam agenda transisi energi menuju target net zero emission," kata Direktur Utama PGE Julfi Hadi dalam keterangan resminya, Jumat (7/6/2024).



Julfi mengungkapkan, salah satu upaya untuk mencapai kapasitas 1 GW adalah dengan pengembangan teknologi co-generation. Teknologi ini diproyeksikan akan menambah kapasitas PGE sebesar 230 megawatt (MW). Inisiatif ini diperkuat dengan penandatanganan Joint Development Agreement (JDA) dengan PT PLN Indonesia Power (PLN IP) beberapa waktu lalu.

Inisiatif lainnya, lanjut dia, adalah pemanfaatan wilayah kerja panas bumi (WKP) Hululais, yang memiliki potensi kapasitas hingga 110 MW. Selanjutnya, pengerjaan proyek Lumut Balai Unit 2 yang berpotensi menambah kapasitas hingga 55 MW, yang kemajuannya kini telah mencapai 71,72%.



"Keseluruhan proyek tersebut ditargetkan untuk berjalan efektif pada tahun ini agar pencapaian target 1 GW semakin dekat," tuturnya.

Selain itu, lanjut dia, perseroan juga aktif membuka peluang ekspansi secara global melalui inisiatif merger dan akuisisi. Saat ini, PGE tengah menelaah potensi panas bumi di beberapa lokasi strategis, seperti Turki dan Kenya.

PGE juga membuat terobosan untuk mendiversifikasi model bisnis dan menciptakan nilai lebih dari teknologi panas bumi melalui sumber pendapatan baru atau new revenue stream yang melampaui ketenagalistrikan.

"Dengan berbagai inisiatif pengembangan bisnis tersebut, serta sinergi dengan Pertamina Group dan berbagai pemangku kepentingan lainnya, PGE meyakini ekspansi bisa dijalankan semakin masif," tandas Julfi.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1729 seconds (0.1#10.140)