Cair, Duit Rp2,4 Juta dari Pemerintah Sudah Diterima 1 Juta Pelaku UMKM

Kamis, 20 Agustus 2020 - 20:38 WIB
loading...
Cair, Duit Rp2,4 Juta dari Pemerintah Sudah Diterima 1 Juta Pelaku UMKM
Bantuan sosial (bansos) produktif untuk pelaku UMKM pada 17 Agustus 2020, sudah cair untuk 1 juta pelaku usaha kecil. Namun, secara resmi program bantuan tersebut akan diresmikan Presiden Jokowi pada 24 Agustus, mendatang. Foto/SINDO Photo
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah mengucurkan program bantuan sosial (bansos) produktif untuk pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada 17 Agustus 2020, lalu. Namun, secara resmi program bantuan tersebut akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 24 Agustus, mendatang.

Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Rully Indrawan mengatakan, dari data yang dimiliki pihaknya, sampai hari ini bansos produktif untuk pelaku UMKM sudah tersalurkan kepada 1 juta pelaku usaha. "Pencairan sudah dimulai sejak 17 Agustus, hari ini sudah mencapai 1 juta orang," ujar Rully saat dihubungi, Kamis (20/8/2020).

(Baca Juga: Pengusaha Kecil Mau Ditransfer Bantuan Rp2,4 Juta, Ini Syaratnya )

Sambung Rully menambahkan, untuk pengumpulan data pelaku UMKM yang tidak terhubung dengan akses perbankan, pihaknya akan berkoordinasi dengan pemerintah kota/kabupaten dan provinsi. "Bagi yang belum terakses perbankan, sumber data data juga bisa bersumber dari dinas-dinas kota/kabupaten dan provinsi. Bank BRI dan BNI untuk nasabah PNM (Permodalan Nasional Madani)," kata dia.

"Tapi (pelaku UMKM tidak terhubung ke akses perbankan) tetap diminta nomor rekeningnya karena dana Rp2,4 juta turun ke rekening masing-masing," sambungnya.

(Baca Juga: Bantuan UMKM Rp2,4 Juta Dibagikan Senin Depan, Jokowi: Nanti Ditransfer )

Rully menjelaskan, data pelaku UMKM yang akan menerima bansos produktif hingga saat ini telah mencapai 2 juta orang dan akan terus bertambah hingga mencapai 12 juta orang. "Data yang sudah diproses dan dinyatakan selesai 2 juta. Yang lainnnya masih diolah dan menunggu usulan daerah. Total akhir Insya Allah 12 juta," ucapnya.

Dari data Kemenkop dan UKM, bansos produktif UMKM telah disalurkan ke 1 juta orang dengan dua tahapan, dimana pada tahap satu disalurkan kepada 742.422 orang dan tahap kedua 257.578 orang.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1737 seconds (0.1#10.140)