Dinamika E-commerce di 2024, Belanja lewat Live Streaming Jadi Daya Tarik

Minggu, 09 Juni 2024 - 15:44 WIB
loading...
Dinamika E-commerce di 2024, Belanja lewat Live Streaming Jadi Daya Tarik
Hingga di pertengahan tahun 2024, berbelanja melalui live streaming masih menjadi daya tarik utama, bahkan semakin diminati oleh masyarakat. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Hingga di pertengahan tahun 2024, berbelanja melalui live streaming masih menjadi daya tarik utama, bahkan semakin diminati oleh masyarakat. Kemampuannya dalam menjangkau berbagai konsumen menjadikan para pemain e-commerce di Indonesia, seperti Shopee , TikTok, Tokopedia, dan Lazada berlomba-lomba menghadirkan fitur live streaming yang memberikan pengalaman terbaik bagi konsumen.

Terutama dalam menciptakan dampak dan manfaat yang berkelanjutan bagi bisnis para brand lokal dan UMKM. Survei IPSOS yang berjudul “Tren Live Streaming E-commerce bagi Penjual” di tahun 2023, memperlihatkan situasi dan keadaan pasar digital dalam periode kuartal ketiga pada tahun 2023.



Melibatkan seller dari brand lokal dan UMKM di Indonesia yang memanfaatkan berbagai fitur live stream di marketplace melalui IPSOS Online Panel, survei ini membahas beberapa indikator dan aspek penting yang diperhatikan oleh para brand lokal dan UMKM dalam memilih fitur live streaming untuk berjualan.

Berdasarkan survei tersebut, tercatat Shopee Live masih menjadi pilihan utama fitur live streaming yang paling disukai para brand lokal dan UMKM pada tahun tersebut. Adapun indikatornya, antara lain adalah:

Shopee Live menduduki puncak popularitas sebagai pemimpin pada indikator fitur live streaming yang paling diingat oleh brand lokal dan UMKM (Top of Mind - TOM) dengan persentase 77%, jauh melampaui pesaing terdekatnya Tiktok Live (19%).



Sedangkan dalam indikator fitur live streaming yang paling sering digunakan oleh brand lokal dan UMKM (Brand Used Most Often - BUMO), Shopee Live menempati posisi teratas dengan persentase 72%, jauh dibandingkan dengan pesaing terdekatnya TikTok Live (26%).

Selanjutnya dalam Market Share, Shopee Live (82%) juga menjadi platform yang paling banyak dipilih untuk kebutuhan penjualan brand lokal dan UMKM, jauh melampaui pesaing terdekatnya TikTok Live yang hanya sebesar 18%.

Executive Director IPSOS Indonesia, Andi Sukma mengatakan, akhir tahun 2023 lalu, terlihat bagaimana kehadiran Shopee Live mendominasi pasar live streaming bagi penjual. Tahun 2024 ini dunia e-commerce diwarnai oleh perubahan yang signifikan, tantangan yang semakin dinamis hingga munculnya pemain baru.

"Jika kita melihat kembali pada survei yang telah IPSOS lakukan, Shopee Live menjadi fitur live streaming yang unggul dalam berbagai aspek penting yang dilihat oleh brand lokal dan UMKM, seperti menyediakan pelayanan yang terbaik dan memberikan peningkatan omzet terbesar. Sehingga jika Shopee terus mempertahankan dan meningkatkan manfaat fitur ini bagi para penjual, tahun ini pun Shopee Live diprediksi masih mendominasi fitur live streaming pilihan brand lokal dan UMKM di antara e-commerce lainnya," ungkap Andi.

Tren live streaming yang terus menunjukan pengaruh dan perkembangan yang signifikan, membawa perubahan terhadap lanskap persaingan, baik dalam bisnis penjualan ataupun industri e-commerce itu sendiri. Sebagai salah satu perusahaan riset pasar terkemuka di dunia, IPSOS melihat fenomena ini menjadi hal yang menarik untuk dibahas.

Melihat situasi di lapangan saat ini, IPSOS akan mengulik lebih dalam bagaimana tren live streaming di tahun 2024 ini, dengan adanya kompleksitas isu serta perubahan regulasi yang sedang hangat dibicarakan. Lantas, dari para pemain yang ada saat ini, siapa e-commerce yang fitur live streaming nya menjadi pilihan favorit penjual dalam memberikan omzet terbaik dan meningkatkan interaksi dengan calon konsumen?

Aspek Penting Yang Melatarbelakangi Pilihan Live Streaming Para Penjual

Keberhasilan Shopee Live dalam menyajikan layanan interaktif yang unggul, menjadikannya sebagai pilihan utama bagi brand lokal dan UMKM berdasarkan survei IPSOS di akhir tahun 2023 lalu. Lantas, aspek-aspek apa sajakah yang dicari dan mempengaruhi preferensi para penjual dalam memilih fitur live streaming di platform e-commerce, adapun persebaran preferensinya sebagai berikut:
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1890 seconds (0.1#10.140)