Bank Dunia: Kemiskinan di Myanmar Makin Parah, Ekonomi Stagnan

Rabu, 12 Juni 2024 - 14:17 WIB
loading...
Bank Dunia: Kemiskinan di Myanmar Makin Parah, Ekonomi Stagnan
Bank Dunia menyebut konflik membuat ekonomi stagnan dan kemiskinan di Myanmar semakin parah. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Bank Dunia menyebut kemiskinan di Myanmar makin meluas daripada sebelumnya dalam enam tahun terakhir. Sementara, pertumbuhan ekonomi di negara yang dilanda konflik itu kemungkinan akan tetap pada angka 1% pada tahun fiskal ini dengan sedikit harapan.

Meningkatnya kekerasan, kekurangan tenaga kerja, dan depresiasi mata uang telah mempersulit kegiatan bisnis di negara tersebut. Bank Dunia dalam laporannya tentang negara Asia Tenggara tersebut menyatakan Myanmar telah mengalami kekacauan politik dan ekonomi sejak kudeta militer tahun 2021 yang mengakhiri satu dekade reformasi demokrasi dan ekonomi yang tentatif.



Pada bulan Desember, Bank Dunia telah memproyeksikan ekonomi Myanmar akan tumbuh sekitar 2% selama tahun fiskal berjalan, setelah memperkirakan pertumbuhan PDB sebesar 1% pada tahun yang berakhir pada Maret 2024.

"Revisi ke bawah dalam proyeksi pertumbuhan untuk tahun 2024/25 sebagian besar disebabkan oleh persistensi inflasi tinggi dan kendala akses terhadap tenaga kerja, valuta asing, dan listrik, yang semuanya kemungkinan akan berdampak lebih besar pada aktivitas daripada yang diperkirakan sebelumnya," kata Bank Dunia dalam sebuah laporan yang dikutip Reuters, Rabu (12/6/2024).

Perang saudara yang menghancurkan negara itu, di mana kelompok bersenjata baru dan tentara etnis yang mapan yang sukses memukul mundur junta, telah menyebabkan lebih dari 3 juta orang mengungsi. Hal itu juga menyebabkan tingkat kemiskinan naik menjadi 32,1%, kembali ke tingkat tahun 2015.

"Kedalaman dan keparahan kemiskinan telah memburuk pada tahun 2023-24, yang berarti bahwa kemiskinan lebih mengakar daripada kapan pun dalam enam tahun terakhir," kata laporan tersebut.

Menghadapi perlawanan bersenjata yang semakin meluas terhadap kekuasaannya, junta Myanmar awal tahun ini mengumumkan rencana wajib militer untuk mengisi kembali tenaga militernya yang terkuras. "Pengumuman wajib militer yang diamanatkan pada Februari 2024 telah mengintensifkan migrasi ke daerah pedesaan dan luar negeri, yang menyebabkan peningkatan laporan kekurangan tenaga kerja di beberapa industri," lanjut Bank Dunia.



Junta juga telah kehilangan akses ke beberapa perbatasan darat utama dengan China dan Thailand, yang menyebabkan penurunan tajam dalam perdagangan darat. "Tidak termasuk gas alam, ekspor melalui perbatasan darat menurun hingga 44%," kata Bank Dunia. "Impor melalui perbatasan darat menurun hingga setengahnya, yang mencakup 71 persen dari penurunan impor secara keseluruhan."

Secara keseluruhan, ekspor barang dagangan turun hingga 13% dan impor turun hingga 20% dalam enam bulan hingga Maret 2024, dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya, menurut Bank Dunia.

Gejolak mata uang yang sedang berlangsung, yang telah coba dikendalikan oleh junta dengan serangkaian penangkapan dalam beberapa minggu terakhir, dan inflasi yang cepat akan memberikan tekanan lebih lanjut pada rumah tangga. Sementara itu, menurut Bank Dunia, industri harus mengatasi kekurangan listrik dan mata uang asing, dengan produksi energi yang diperkirakan akan terus menurun.

"Prospek ekonomi masih sangat lemah, yang berarti hanya ada sedikit kelonggaran bagi rumah tangga Myanmar dalam jangka pendek hingga menengah," ungkap Bank Dunia.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1266 seconds (0.1#10.140)