Pusat Keunggulan Daikin Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:32 WIB
loading...
Pusat Keunggulan Daikin Tingkatkan Kompetensi Siswa SMK
Menjadi pengembangan kolaborasi dengan sekolah, Pusat Keunggulan Daikin dirancang untuk memberi manfaat utama bagi peningkatan kompetensi siswa didik. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT. Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) melakukan kolaborasi dengan konsep Pusat Keunggulan Daikin di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cimahi. Menjadi Pusat Keunggulan pertama Daikin bagi SMK di wilayah Jawa Barat, pembukaan ini sekaligus menjadi perwujudan komitmen perusahaan solusi tata udara asal Jepang ini untuk mengambil bagian lebih besar dalam pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia.

“Menjadi pengembangan kolaborasi kami dengan sekolah, Pusat Keunggulan ini dirancang untuk memberi manfaat utama bagi peningkatan kompetensi siswa didik. Khususnya terkait refrigerasi dan tata udara,” ujar Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia, Budi Mulia dalam keterangan resminya.



Lebih lanjut dikatakannya, dengan pembukaan ini, DAIKIN terhitung telah memiliki dua Pusat Keunggulan (DAIKIN Center of Excellence) bagi SMK di Indonesia.

Pusat Keunggulan DAIKIN di SMKN 1 Cimahi ini menempati satu ruang khusus diantara bangunan kelas. Tak ubahnya seperti kelas, pada bagian depan terdapat papan tulis dan proyektor.



Melangkah lebih dalam, akan mendapatkan deretan rak dengan unit AC DAIKIN yang terpasang. Tak hanya AC single split bagi hunian, namun juga AC SkyAir DAIKIN yang peruntukannya bagi bangunan komersial. Sementara pada bagian dinding, tertutup poster yang berisikan berbagai pengetahuan terkait dengan air conditioning (AC).

Keberadaan Pusat Keunggulan Daikin tak lepas dari upaya perusahaan untuk mengambil peran lebih besar bagi pengembangan sekolah vokasi yang telah berjalan selama ini. Tak hanya berjalan sporadis, komitmen perusahaan ini bahkan tertuang dalam nota kesepahaman dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia sejak 25 Juli 2019 silam.

Bersama dengan nota kesepahaman tersebut, Daikin berkolaborasi dengan berbagai instansi pendidikan vokasi meliputi penyelarasan kurikulum, pelaksanaan sertifikasi industri bagi guru dan siswa, menjadi guru tamu, praktek kerja lapangan bagi guru dan siswa, hingga donasi unit praktek untuk mendukung pembelajaran di sekolah. Kini Daikin terhitung telah menjalin kerjasama dengan 37 SMK dan 8 Balai Latihan Kerja di Indonesia.

“Keberadaan Pusat Keunggulan ini menjadi kesinambungan kelanjutan langkah kami dari berbagai kolaborasi ini,” ujar Budi Mulia lagi.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1321 seconds (0.1#10.140)