Presiden Sebut Urusan Perizinan untuk Investasi Masih Ruwet

Selasa, 23 April 2019 - 16:04 WIB
Presiden Sebut Urusan Perizinan untuk Investasi Masih Ruwet
Presiden Sebut Urusan Perizinan untuk Investasi Masih Ruwet
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengakui perizinan investasi di Indonesia masih sangat sulit bagi investor. Hal itu diketahuinya dari kepala negara dan investor-investor yang ditemui saat bepergian ke luar negeri, termasuk saat ke Saudi Arabia, belum lama ini.

"Ruwet itu artinya lama, ruwet artinya biaya yang harus dibayar lebih mahal. Ini problem yang selalu saya dengar dari investor-investor yang ingin masuk ke Indonesia," kata Presiden seperti dilansir laman resmi Setkab, Selasa (23/4/2019).

Kendati demikian, Presiden bersyukur bahwa peringkat kemudahan berusaha atau ease of doing business (EoDB) Indonesia saat ini meningkat. Saat ini Indonesia sudah berada di peringkat 72 dari sebelumnya 120. "Sebuah lompatan besar sebetulnya dalam kemudahan berusaha di Indonesia," jelasnya

Tetapi dalam faktanya, lanjut Presiden, banyak keinginan-keinginan investasi baik dari BUMN yang ada dari negara-negara lain atau investor-investor swasta yang ingin masuk ke Indonesia terhambat ketika ingin direalisasikan.

"Sebelum masuk mereka begitu sangat antusias, tetapi begitu masuk, kita tahu semuanya betapa masih ruwetnya mengurus perizinan di negara kita," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4909 seconds (0.1#10.140)