alexametrics

BI Prediksi Inflasi Akhir April di Level 0,35%

loading...
BI Prediksi Inflasi Akhir April di Level 0,35%
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meyakini, bahwa inflasi nasional tahun ini bakal tetap rendah dan terkendali dengan berada di kisaran 3%. Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Inflasi periode Akhir bulan April 2019 diperkirakan mencapai 0,35% dan secara year on year (yoy) di level 2,74%. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo meyakini, bahwa inflasi nasional tahun ini bakal tetap rendah dan terkendali dengan berada di kisaran 3%.

"Berdasarkan survei pemantauan harga minggu pertama Februari, kami perkirakan inflasi 0,35% month to month (mtm), kalau year on year-nya 2,74%. Jadi berdasarkan survei pemantauan harga kemungkinan bahwa inflasi April lebih rendah dari inflasi bulan Januari. Sebagaimana kita ketahui inflasi Januari adalah 0,32% mtm," ujar Perry di Jakarta, Jumat (26/4/2019).

Dia menambahkan, berdasarkan survei pemantauan harga beras mengalami deflasi, hal inilah yang membuat inflasi semakin rendah. "Kita lihat inflasi rendah karena beras menyumbang deflasi jadi ini sangat baik kedepannya," jelasnya



Sebagai informasi, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan, inflasi bulan Maret 2019 hanya sebesar 0,11% lebih rendah dibanding bulan Maret 2018 yang sebesar 0,12%. BPS menyebutkan, rendahnya inflasi pada Maret 2019 terjadi berkat terjaganya harga bahan-bahan pokok.

Dari 82 kota yang dipantau BPS, sebanyak 51 kota mengalami inflasi dan 31 kota mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Ambon sebesar 0,86% dan terendah di Bekasi dan Tangerang sebesar 0,01%.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak