alexametrics

Grab Indonesia Jalin Kolaborasi dengan Komnas Perempuan

loading...
Grab Indonesia Jalin Kolaborasi dengan Komnas Perempuan
Grab Indonesia Jalin Kolaborasi dengan Komnas Perempuan
A+ A-
JAKARTA - Kehadiran layanan transportasi umum tidak dapat dipisahkan dari aktivitas keseharian perempuan Indonesia. Sebagian besar perempuan pekerja rutin menggunakan transportasi umum, tak terkecuali transportasi online. Hal ini karena transportasi online dirasa terjangkau sekaligus menawarkan kemudahan.


Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi menjelaskan, Grab yang akan terus mendukung upaya keamanan dan keselamatan perempuan. "Sejak awal didirikan, keamanan dan keselamatan telah menjadi DNA Grab. Sebagai everyday super app terkemuka di Asia Tenggara, kami selalu mendukung para perempuan Indonesia untuk mengambil peranan di masyarakat dengan membangun platform transportasi yang aman dan nyaman dengan fitur-fitur keselamatan yang terus kami kembangkan,"ujarnya di Jakarta Rabu (1/5/2019).


Grab, lanjut dia, juga hadir dengan misi meningkatkan kesejahteraan mitra-mitra pengusah mikro kami, yang 30 persen di antaranya adalah perempuan. Kami pun sangat senang dapat ambil bagian dalam upaya mendukung penanganan korban kekerasan terhadap perempuan lewat kerja sama donasi GrabRewards untuk Pundi Perempuan ini.



Pundi Perempuan adalah upaya penggalangan dana bagi lembaga pengada layanan yang bekerja untuk pendampingan perempuan korban kekerasan, serta dana darurat yang dapat diberikan untuk perempuan pembela, pejuang, dan pekerja HAM yang mengalami ancaman keselamatan maupun kondisi kesehatan kritis baik psikis.

Digagas oleh Komnas Perempuan pada tahun 2000, dan mulai tahun 2003 dikelola bersama Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Pundi Perempuan menghadirkan model hibah yang memberdayakan sesuai dengan nilai-nilai perubahan sosial yang diharapkan.

Neneng mengatakan, penting bagi perusahaan aplikasi transportasi online untuk memberikan rasa aman bagi penggunanya, khususnya perempuan. Dengan memberikan rasa aman, para penumpang, khususnya perempuan akan lebih percaya dan nyaman menggunakan layanan transportasi online yang saat ini telah menjadi salah satu moda transportasi populer di Indonesia. Hal ini penting mengingat Komnas Perempuan mencatat jumlah laporan kekerasan terhadap perempuan yang selalu naik setiap tahunnya.


Direktur Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Anik Wusari mengatakan bahwa dukungan untuk Pundi Perempuan ini akan disalurkan bagi perempuan korban kekerasan seksual. "Kampanye ini dilakukan untuk mengajak masyarakat menyumbang, berdonasi bagi para perempuan korban kekerasan seksual di Indonesia," kata Anik .

Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) sangat mendukung perusahan transportasi online seperti Grab yang berkomitmen dalam mencegah kekerasan seksual di jalanan. Ini merupakan upaya yang sangat baik yang dilakukan perusahaan untuk bersama-sama melakukan stop kekerasan seksual terhadap perempuan.

Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) juga mendorong diadakannya mekanisme keluhan bagi para pengguna transportasi online, terutama perempuan karena ini merupakan upaya untuk memperkecil jumlah kekerasan terhadap perempuan, karena kekerasan yang terjadi di jalan akan membatasi ruang gerak perempuan.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak