alexametrics

Peringati Hari Buruh, MPBI Ganti Demo dengan Aksi Sosial

loading...
Peringati Hari Buruh, MPBI Ganti Demo dengan Aksi Sosial
Penyerahan bantuan APD ke Rumah Sakit Annisa di Cikarang oleh Presiden KSPI Said Iqbal, Jumat (1/5/2020). Foto/Ist
A+ A-
JAKARTA - Perayaan Hari Buruh atau May Day tahun ini diperingati dengan cara yang amat berbeda. Sebagai bentuk keprihatinan karena pandemi corona (Covid-19) di Indonesia, Majelis Pekerja Buruh Indonesia (MPBI) serentak mengganti aksi demo dengan aksi sosial.

MPBI merupakan gabungan tiga konfederasi buruh terbesar dengan jutaan anggota yakni Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) dan Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI)

Bentuk aksi sosial yang dilakukan adalah dengan memberikan Alat Pelindung Diri (APD) untuk tenaga medis ke beberapa rumah sakit di Jabodetabek. Ada tiga sasaran rumah sakit di Jabodetabek yakni Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta Pusat, Rumah Sakit Annisa di Cikarang dan RSUD Balaraja di Tangerang.



Presiden KSPI Said Iqbal menyerahkan langsung bantuan APD ke Rumah Sakit Annisa di Cikarang. Kegiatan sosial pembagian APD ke beberapa rumah sakit lainnya secara seremonial juga diadakan di Rumah Sakit Annisa, Cikarang.

"Ada ribuan APD dibagikan hari ini. Pemberian APD ini untuk memperingati May Day 1 Mei 2020 dalam bentuk bakti sosial dengan memberikan baju APD tenaga medis lengkap ke rumah sakit dan klinik," ujarnya seusai penyerahan bantuan di Cikarang, Jumat (1/5/2020).

Iqbal mengaku berbagi tugas dalam aksi sosialnya. Ia di Cikarang, sementara di Tangerang pembagian dipimpin langsung Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea, dan di RSCM Jakarta oleh Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban.

Selain itu, KSPI juga melakukan aksi virtual kampanye di media sosial untuk menyuarakan tiga isu May Day. Ketiga isu tersebut adalah, tolak omnibus law, stop PHK, dan liburkan buruh dengan upah dan THR 100%.

"KSPI juga akan melakukan pemasangan spanduk di perusahaan dan tempat-tempat strategis terkait dengan tiga isu di atas. Termasuk seruan dan ajakan agar masyarakat bersama-sama memerangi Covid-19," ujarnya.

KSPI juga melalukan penggalangan dana buruh for solidaritas pangan dan kesehatan. Di beberapa daerah, juga akan dibuka lumbung pangan, dengan mengumpulkan bahan makanan untuk masyarakat sekitar.
(fai)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak
Top