Jokowi Minta Proyek Infrastruktur Disambungkan dengan Kawasan Wisata

Jum'at, 10 Mei 2019 - 05:28 WIB
Jokowi Minta Proyek Infrastruktur Disambungkan dengan Kawasan Wisata
Jokowi Minta Proyek Infrastruktur Disambungkan dengan Kawasan Wisata
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo meminta proyek infrastruktur disambungkan dengan kawasan wisata di setiap daerah agar meningkatkan sektor pariwisata nasional. Sehingga bisa mendorong kesejahteraan masyarakat secara lebih merata.

Hal ini ditegaskan Jokowi kepada para gubernur, bupati, dan wali kota agar segera merampungkan proyek infrastruktur secara merata, baik jalan tol, pelabuhan, dan bandar udara.

"Segera provinsi, kabupaten, kota menyambungkan titik-titik di tempat masing-masing. Tanpa itu, tidak ada daerah bisa menikmati pertumbuhan ekonomi. Sambungkan dengan kawasan industri, wisata, dengan sentra industri kecil, dengan pusat produksi, baik pertanian atau perkebunan," ujar Jokowi dalam pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) 2019 di Jakarta, Kamis (9/5/2019).

Jokowi menambahkan, menyambungkan pusat-pusat pertumbuhan ekonomi dengan kawasan wisata akan membuat daerah menjadi lebih cepat berkembang. Dan kepala daerah harus bisa memahami dengan baik karakteristik di wilayahnya masing-masing.

"Kalau itu tidak bisa dikerjakan jangan pernah mimpi (Indonesia) masuk kelima, keempat, (negara dengan ekonomi) terbesar dunia," katanya.

Indonesia, menurut Jokowi, memiliki potensi dan peluang besar menjadi empat besar negara ekonomi terkuat di dunia pada tahun 2045. Namun untuk mewujudkan hal tersebut bukan perkara mudah.

Perekonomian negara yang kuat harus ditopang dengan perekonomian di daerah yang juga kuat. Karena itu, pemerataan infrastruktur yang terus dilakukan untuk menumbuhkan peningkatan perekonomian di daerah-daerah yang sebelumnya tampak tidak tersentuh.

Jokowi mengharapkan agar sentra-sentra sumber ekonomi yang ada di daerah dapat tersambung dengan adanya sejumlah infrastruktur yang dibangun pemerintah pusat. Dengan tersambungnya sentra industri dan pariwisata, maka denyut perekonomian daerah akan semakin kencang.

"Tanpa itu tidak akan daerah bisa menikmati yang namanya pertumbuhan ekonomi,” kata Jokowi.

Dalam acara itu, hadir para pejabat dan Menteri Kabinet Kerja termasuk Menteri Pariwisata Arief Yahya serta para kepala daerah dari seluruh Indonesia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan prinsip dasar pariwisata memerlukan dukungan sektor lain untuk berkembang, maka dukungan infrastruktur seperti yang diinstruksikan Presiden memang sudah keharusan.

"Kemenpar siap mendukung upaya pengembangan destinasi wisata di daerah sesuai yang diinstruksikan Presiden Jokowi," katanya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4417 seconds (0.1#10.140)