Asabri Serahkan Bantuan Sarana Ibadah di Purbalingga

Minggu, 12 Mei 2019 - 19:59 WIB
Asabri Serahkan Bantuan Sarana Ibadah di Purbalingga
Asabri Serahkan Bantuan Sarana Ibadah di Purbalingga
A A A
PURBALINGGA - PT Asabri (Persero) bersama sejumlah BUMN lainnya menyerahkan bantuan bina lingkungan berupa dana renovasi sarana ibadah, santunan untuk anak yatim, pembagian Alquran dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat di Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah.

Asabri bersinergi dengan Bank BNI, PT KAI, Bank BTN, Bank BRI, PT Askrindo, PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II secara keseluruhan memberikan bantuan kepada masyarakat di 20 lokasi di Purbalingga. Total nilai sumbangan sinergi BUMN untuk Purbalingga mencapai Rp1 miliar.

Beberapa BUMN juga memberikan bantuan serupa untuk Kabupaten Banyumas sebesar Rp557.390.000, Cilacap Rp546.235.000 dan Kebumen Rp561.000.000. Total dana yang disumbangkan kepada empat kabupaten tersebut mencapai Rp2,66 miliar, tersebar di 56 titik lokasi.

Secara khusus, PT Asabri memberikan bantuan renovasi sarana ibadah kepada Pondok Pesantren Darul Ikhya di Desa Maribaya, Kecamatan Karanganyar, Purbalingga dan Musala Baiturrahman di Dusun Karang Gintung, Desa Sirau, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga, masing-masing sebesar Rp50 juta.

Seluruh bantuan tersebut diserahkan secara simbolis di Pondok Pesantren Roudlotul Muta 'Allimin Al-Aziziyyah, Desa Toyareja, Purbalingga, Sabtu (11/5). Acara ini merupakan rangkaian kegiatan dari Program BUMN Hadir untuk Negeri, untuk menyemarakkan Ramadan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

PT Asabri diwakili oleh Direktur Investasi dan Keuangan Hari Setianto bersama Sekretaris Perusahaan Djoko Rachmadhy. Hari menyerahkan bantuan kepada pimpinan Pondok Pesantren Darul Ikhya, Kyai Maskur Jalaludin dan pengurus Musala Baiturrahman, Takhimin.

Acara penyerahan Bantuan Bina Lingkungan 15 BUMN dibuka oleh Menteri BUMN Rini M Soemarno bersama Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi. Rini kemudian melakukan seremoni penyerahan bantuan kepada perwakilan penerima yaitu Bupati Purbalingga, Sekretaris Daerah Kebumen, Bupati Banyumas dan Bupati Cilacap.

Rini Soemarno mengatakan, BUMN selain diberi target keuntungan juga memiliki kewajiban menyejahterakan dan membantu masyarakat melalui program bina lingkungan. “Saya terus menekankan agar BUMN selalu peduli dengan masyarakat. Alhamdulillah 15 BUMN berpartisipasi melalui program bina lingkungan masing-masing berupa sarana dan prasarana yang dibutuhkan masyarakat Purbalingga, Banyumas, Cilacap dan Kebumen,” kata Rini.

Direktur Investasi dan Keuangan PT Asabri Hari Setianto menjelaskan, bantuan ini diberikan dengan metode cash for work. Artinya, renovasi sara ibadah di Pondok Pesantren Darul Ikhya dan Musala Baiturrahman dilakukan secara kerja bakti oleh masyarakat setempat yang melibatkan 563 orang. "Dengan metode ini, sarana ibadah menjadi lebih nyaman, masyarakat pun mendapat upah sehingga bisa menjalankan ibadah Ramadan dan menyambut Lebaran lebih baik," kata Hari.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menyampaikan apresiasinya atas bantuan bina lingkungan BUMN. “Ini sangat berguna untuk kemaslahatan umat karena bantuannya berbentuk renovasi tempat ibadah, sarana pendidikan, sarana kesehatan, dan sarana prasarana lainnya,” katanya.

Dia mengungkapkan, desa-desa yang dibantu adalah desa tertinggal yang kondisinya sangat memperihatinkan.

Rangkaian acara penyerahan bantuan berlangsung santai. Para direksi BUMN berkesempatan berinteraksi langsung dengan masyarakat. Direktur Investasi danKeuangan Asabri Hari Setianto, misalnya. Dia sempat melemparkan kuis berhadiah kepada warga. Mereka yang bisa menjawab pertanyaannya mendapat hadiah dari Asabri.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4417 seconds (0.1#10.140)