Meski Dihujat, Ini 3 Alasan Thailand Ingin Gabung BRICS dalam Waktu Dekat

Rabu, 26 Juni 2024 - 16:03 WIB
loading...
Meski Dihujat, Ini 3...
Thailand akan bergabung dalam keanggotaan BRICS dalam waktu dekat. FOTO/iStock
A A A
JAKARTA - Thailand gabung BRICS kini tengah jadi topik yang hangat diperbincangkan. Terdapat beberapa alasan mengapa Negeri Gajah Putih sangat ingin bergabung dengan organisasi yang tengah naik daun tersebut.

Dilansir dari Reuters, Thailand berharap menjadi anggota kelompok negara berkembang BRICS pada pertemuan puncak organisasi tersebut berikutnya di Rusia pada bulan Oktober mendatang.

Sebelumnya, Thailand telah mengajukan surat resmi permintaan untuk bergabung dengan BRICS dan berharap mendapat tanggapan positif, kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand Nikorndej Balankura, dalam upaya untuk menjadi anggota pertama kelompok tersebut dari Asia Tenggara.

3 Alasan Thailand Gabung BRICS

1. Prioritaskan Multilateralisme

Dikutip dari Global Times, Thailand menekankan pentingnya memprioritaskan multilateralisme dan memperkuat peran negara-negara berkembang di arena internasional, yang sejalan dengan prinsip-prinsip BRICS. Pada dasarnya Thailand ingin berpartisipasi dalam kelompok tersebut untuk meningkatkan peluang membangun banyak hubungan bilateral di panggung internasional.

2. Ingin Negara Berkembang Memainkan Peran Besar di Sisi Ekonomi

Menteri Luar Negeri Thailand Maris Sangiampongsa, melihat jaringan negara-negara BRICS sebagai peluang ekonomi dan berbicara tentang keadilan dan kesetaraan bagi negara-negara berkembang. "Ini adalah tentang negara-negara berkembang yang memainkan peran lebih besar dalam mengendalikan urusan dunia," ujarnya pada tanggal 13 Juni 2024 dalam acara BRICS.

Thailand mengharapkan keanggotaannya dapat meningkatkan partisipasinya dalam kebijakan ekonomi internasional dan “menciptakan tatanan dunia baru,” menurut pernyataan pers juru bicara pemerintah Chai Wacharonke.

Dalam hal ini, Thailand dapat mendorong lebih banyak negara di Asia Tenggara untuk mengambil langkah maju, karena Malaysia dan Indonesia juga telah menyatakan minatnya untuk bergabung dengan BRICS.

3. Berkontribusi Membuat BRICS Merambah Asia Tenggara

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, antusiasme Thailand untuk bergabung dengan BRICS mendukung upaya Tiongkok dan Rusia untuk memperluas pengaruh ekonomi mereka di Asia Tenggara. Soumya Bhowmick, rekan peneliti di Observer Research Foundation di Kolkata, mengungkapkan "dengan bergabung dengan BRICS, Thailand dapat berkontribusi terhadap pengaruh kolektif blok tersebut dalam kebijakan ekonomi global, sehingga mendukung tujuan strategis Tiongkok dan Rusia di kawasan Asia Tenggara.”

Itulah tiga alasan mengapa Thailand gabung dengan BRICS dalam waktu dekat ini. Meski begitu ada beberapa tokoh yang mengkritik kebijakan negara kerajaan tersebut. Sebuah artikel di Bangkok Post mengklaim bahwa masuknya Thailand ke dalam BRICS adalah sebuah tindakan yang salah arah dan menimbulkan kerugian terhadap kedudukan dan kredibilitas internasional negara tersebut di tengah konflik “Barat” vs “Negara Lain”. Namun Menteri Luar Negeri Thailand Maris Sangiampongsa menegaskan bahwa tindakan tersebut tidak menunjukkan dukungan bagi pihak mana pun atau upaya untuk melawan kekuatan pihak lain.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1569 seconds (0.1#10.140)