alexametrics

BI Tahan Suku Bunga Acuan di Angka 6%

loading...
BI Tahan Suku Bunga Acuan di Angka 6%
Rapat dewan Gubernur BI di Jakarta, Kamis (16/5/2019). Foto/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate di level 6%. BI juga memutuskan menahan suku bunga deposit facility di angka 5,25% dan lending facility di 6,75%.

"Dengan mempertimbangkan kondisi global, RDG pada tanggal 15 sampai 16 Mei 2019 memutuskan untuk mempertahankan BI 7-Day Reverse Repo Rate," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Perry menjelaskan, keputusan bank sentral mempertahankan suku bunga adalah untuk memperkuat ketahanan defisit transaksi berjalan (current account deficit/CAD). Selain itu juga bertujuan mengantisipasi kenaikan suku bunga global. "Keputusan tersebut sejalan untuk memperkuat ketahanan eksternal perekonomian Indonesia," tegasnya.



Ke depannya BI, terang dia akan mengoptimalkan bauran kebijakan agar terjaganya stabilisasi makro ekonomi dan stabilitas sistem keuangan, dengan memperkuat ekonomi dan bekerja sama dengan pihak pemerintah lainnya.

"Kita menempuh operasi moneter untuk memperkuat pasar rupiah dan valuta asing. Kita juga akan menjaga stabilitas sistem keuangan, memperkuat kerja sama bersama pemerintah menjaga ketahanan eksternal, dan mengendalikan defisit transaksi berjalan," jelasnya.
(fjo)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak