Waspada Penipuan! Lindungi Data Pribadi dan Simak Caranya

Sabtu, 29 Juni 2024 - 11:25 WIB
loading...
Waspada Penipuan! Lindungi Data Pribadi dan Simak Caranya
Parman Suparman, Chief Technology Officer MNC Bank membagikan tips menjaga kerahasiaan data pribadi. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - Saat ini penipuan dengan mengatasnamakan pihak bank marak terjadi. Banyak cara yang dilakukan si oknum penipu, dengan tujuan utama untuk mengambil alih akun perbankan calon korban yang kemudian akan dikontrol penuh oleh oknum penipu.

Kejadian seperti ini mungkin sudah tak asing lagi di telinga. Atau bahkan kamu pernah menjadi sasarannya? Nah, untuk dapat terhidar dari penipuan tersebut, yuk kenali jenis modus penipuan bank yang marak dilakukan berikut ini.



Social Enginering – Mengatasnamakan Customer Service Bank
Merupakan jenis penipuan yang mengatasnamakan bank melalui telepon, dikenal dengan vishing atau voice phising. Pelaku memanfaatkan teknologi social engineering melalui telepon agar dapat mengakses informasi dan keuangan pribadi. Pelaku akan mengelabui korban dengan berpura-pura memberikan hadiah. Perlu diingat, jenis penipuan dengan vishing biasanya akan menyasar pada penipuan pembuatan kartu kredit, penawaran produk dan layanan bank, serta aktivitas transaksi perbankan.

Phising atau Malware
Pada metode ini penipu berusaha memperoleh informasi atau data sensitif, seperti nama lengkap, password akun mobile banking, dan informasi kartu kredit/debit melalui media elektronik dengan menyamar sebagai lembaga terpercaya. Jenis-jenis penipuan phising biasa dijumpai dalam bentuk e-mail dan pesan teks. Calon korban akan diarahkan untuk mengklik sebuah tautan link untuk membuka halaman website pelaku. Setelah calon korban dijebak pada web palsu, mereka diminta untuk mengisi beberapa data pribadi. Di mana akhirnya data tersebut akan terkirim secara otomatis kepada pelaku kejahatan dan berakibat pembobolan akun rekening bank.

Smishing
Sama halnya dengan phising, modus ini mengerucut hanya menggunakan SMS sebagai sarana mengirim tautan palsu, sementara phising bias menggunakan whatsapp dan email. Pesan yang dikirimkan akan berisi link dan mengarahkan calon korban ke dalam informasi palsu berupa nomor call center palsu. Yang lebih ekstrim, ada juga yang menginformasikan terdapat transaksi mencurigakan dalam rekening calon korban, meminta konfirmasi, menuntut korban untuk mengirimkan dana sebagai bentuk pencairan bantuan.

Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Simak beberapa tips berikut untuk dapat terhindar dari modus-modus penipuan bank.
1. Yang paling penting, jangan pernah sekalipun memberikan data dan informasi pribadi kamu, terutama yang berhubungan dengan akun perbankan, kepada pihak asing.
2. Kamu harus memastikan nomor call center resmi dari bank yang kamu gunakan saat ini. Bila mendapat telpon mengatasnamakan bank dengan nomor yang berbeda dengan call center resmi dan terlanjur diangkat, minta pendampingan orang terdekat kamu agar dapat mengontrol pembicaraan yang berlangsung.
3. Selalu waspada ketika kamu mendapat pesan yang berisikan link dari nomor yang tidak dikenal.
4. Selalu jaga kerahasiaan kartu identitas kamu dari orang lain. Pastikan kamu menyimpannya di tempat aman dan hanya kamu yang tahu.



Parman Suparman, Chief Technology Officer MNC Bank menanggapi fenomena tersebut dengan mengimbau seluruh nasabah MNC Bank untuk senantiasa menjaga kerahasiaan data pribadinya. “Untuk nasabah setia, kami senantiasa mengimbau agar dapat menjaga identitas dan informasi pribadi agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Jika menemukan kondisi modus-modus penipuan yang sedang marak saat ini, jangan ragu untuk segera hubungi call center MNC Bank di 1500188 dan media sosial MNC Bank yang terdapat di Instagram, Facebook, X, dan LinkedIn untuk memvalidasi kebenaran informasi” ungkap Parman.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai PT Bank MNC Internasional Tbk atau MNC Bank (IDX: BABP), anak usaha PT MNC Kapital Indonesia Tbk (IDX: BCAP), yang berada di bawah naungan MNC Group (IDX: BHIT) dapat menghubungi MNC Bank Call Center di 1500188, akses www.mncbank.co.id dan www.motionbank.id serta ikuti akun resmi media sosial MNC Bank, @officialmncbank dan @motionbankingid di Instagram, MNC Bank di Facebook dan @MNCBank di X.

Nikmati layanan perbankan digital dan produk-produk lain MNC Bank dengan mengunduh aplikasi MotionBank di Google PlayStore dan Apple AppStore melalui tautan https://bit.ly/MotionBankMNC

#MNCGroup #MNCBank #MotionBank #PerbankanDigital
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2495 seconds (0.1#10.140)