alexametrics

KSEI Jamin Efisiensi dan Keamanan Penggunaan AKSes Next-G

loading...
KSEI Jamin Efisiensi dan Keamanan Penggunaan AKSes Next-G
PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) meluncurkan fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) generasi terbaru. Foto/SINDOnews/Michelle Natalia
A+ A-
JAKARTA - PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) meluncurkan fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas) generasi terbaru atau AKSes Next Generation (AKSes Next-G) pada Senin (20/5/2019). Peluncuran AKSes Next-G ini dimaksudkan untuk meningkatkan perlindungan investor dan transparansi informasi pasar modal Indonesia.

AKSes Next-G ini merupakan perkembangan dari AKSes yang sebelumnya, dan juga merupakan perjalanan jauh dari peluncuran fasilitas AKSes pertama kali oleh KSEI pada 2009 dengan nama investor area.

Melalui fasilitas AKSes, investor dapat membandingkan laporan (account statement) yang disampaikan Perusahaan Efek (PE) dan Bank Kustodian (BK) secara berkala dengan data yang tersimpan di KSEI. Upaya ini penting untuk memastikan bahwa portofolio investasi milik investor sudah sesuai dengan intruksi jual dan beli kepada PE dan BK.

"AKSes Next-G diluncurkan dengan harapan mengatasi masalah-masalah di versi sebelumnya dan memberikan investor akses yang lebih mudah dengan efisiensi yang berarti. Investor domestik bisa login menggunakan NIK, investor asing bisa menggunakan nomor paspor, dan perusahaan atau bisa menggunakan nomor SIDnya," ujar Direktur Utama KSEI, Friderica Widyasari Dewi.

"AKSes ini penting bagi investor dan pasar modal karena AKSes merupakan perwujudan perlindungan terhadap investor dalam pasar modal," tambahnya.

AKSes Next-G dikembangkan dengan mengadopsi teknologi informasi terkini sesuai best practice, yang mudah dikelola dan expandable. Hal ini memberikan kemudahan bagi KSEI apabila kedepannya akan menambah fitur-fitur tambahan dalam fasilitas AKSes Next-G.

Dengan pengembangan AKSes Next-G ini, diharapkan KSEI dapat memberikan fitur yang tidak terbatas pada mutasi aset investor tetapi juga tambahan layanan kepada stakeholder pasar modal lain sehingga mampu menyiapkan landasan bagi visi KSEI sebagai Financial dan Information Hub.

"Perluasan penggunaan fasilitas AKSes Next-G tidak hanya diperuntukkan bagi investor pasar modal, juga bagi stakeholder KSEI lainnya seperti Perusahaan Efek, Bank Kustodian, Emiten, Manajer Investasi, dan Selling Agent. Karena kedepannya, fasilitas AKSes akan terintegrasi dengan sistem lain seperti Emiten Area, ORCHiD, dan platform e-proxy dan e-voting," tutup Friderica.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak