Jokowi: Untuk Mobil Listrik, Siapa yang Bisa Menghadang Kita

Rabu, 03 Juli 2024 - 20:13 WIB
loading...
Jokowi: Untuk Mobil Listrik, Siapa yang Bisa Menghadang Kita
Presiden Jokowi menyebutkan, pabrik Baterai Mobil Listrik yang dibangun HLI Green Power, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat merupakan pabrik sel baterai EV yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Foto/Dok
A A A
KARAWANG - Presiden Joko Widodo ( Jokowi ) menyebutkan, pabrik Baterai Mobil Listrik yang dibangun PT. Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat merupakan pabrik sel baterai EV yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara.

Presiden mengatakan, bahwa proyek ini tidak hanya mencakup pembangunan smelter dan pabrik sel baterai kendaraan listrik, tetapi juga mengintegrasikan nilai tambah dari sumber daya alam Indonesia seperti nikel, bauksit, dan tembaga.



Melalui integrasi tersebut, Presiden meyakini, Indonesia dapat berkompetisi dengan negara lain. "Untuk mobil listrik siapa yang bisa menghadang kita, kalau kondisinya sangat kompetitif seperti itu?" kata Presiden di Karawang, Provinsi Jawa Barat, Rabu (3/7/2024).

Presiden pun mengapresiasi investasi sebesar Rp20 triliun dari pabrik mobil Hyundai serta konsorsium antara Hyundai dan LG dengan investasi sebesar Rp160 triliun untuk ekosistem baterai listrik. Investasi tersebut menjadi bukti konkret dari kerja sama erat antara Indonesia dan Korea Selatan.

"Semoga ini menandai makin baiknya hubungan antara Republik Korea dan Indonesia," kata Jokowi.



Kepala Negara mengungkapkan, pentingnya ekosistem baterai sebagai tonggak baru komitmen Indonesia untuk menjadi pemain utama dalam rantai pasok global kendaraan listrik. "Hari ini kita telah memulai babak baru dalam meletakkan sebuah tonggak komitmen kita untuk menjadi pemain global di ekosistem EV sel baterai dan juga electric vehicle," ujar Presiden.

Presiden juga mengapresiasi visi dan keberanian Chairman Chung dari Hyundai, yang memulai proyek ini di tengah tantangan pandemi global. Menurut Presiden, proyek besar ini tidak akan berjalan tanpa visi dan keberanian Chairman Chung.

"Saya sekali lagi ingin memberikan apresiasi kepada Chairman Chung yang telah berani memutuskan sesuatu yang penting dalam kondisi pandemi," ungkap Presiden.

Untuk diketahui, pabrik sel baterai seluas 319.000 meter persegi ini merupakan joint venture Hyundai Motor Group dan LG Energy Solution. Pada paruh pertama tahun 2024, kapasitas tahunan pabrik ini akan mencapai 10 GWh sel baterai, cukup untuk 150.000 kendaraan listrik.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)