Bangkit Bersama Infina, UKM dan UMKM Indonesia Berjaya di Rumah Sendiri

Sabtu, 22 Agustus 2020 - 22:48 WIB
loading...
Bangkit Bersama Infina, UKM dan UMKM Indonesia Berjaya di Rumah Sendiri
Platform digital bernama Infina membantu kalangan usaha kecil seperti UKM & UMKM untuk dapat memasarkan produk atau jasanya di dunia digital dengan cara berbeda. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pandemi virus corona yang berlangsung pada tahun 2020 memang bukan saja bencana bagi komunitas global, tapi juga menyerang hampir seluruh aspek kehidupan. Mulai dari sektor kesehatan yang terpukul hebat, bidang pendidikan yang berubah total hingga tentunya Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Indonesia yang sempat babak belur.

Tentu dibutuhkan strategi khusus untuk bertahan dari terpaan badai Covid-19. Sekelompok anak bangsa dari berbagai latar industri kreatif yang prihatin dengan kondisi ini memberikan secercah harapan dengan melahirkan platform digital bernama Infina yang membantu kalangan usaha kecil seperti UKM & UMKM untuk dapat memasarkan produk atau jasanya di dunia digital dengan cara berbeda.

(Baca Juga: Mudahnya Jualan Online Tanpa Ribet )

Founder Infina, Oktora Irahadi mengatakan, Infina artinya adalah Influencing Indonesia dan telah diluncurkan bertepatan dengan bulan kemerdekaan republik Indonesia dengan misi ingin membantu para UKM & UMKM Indonesia yang saat ini jumlahnya ada sekitar 64 juta (menurut data Kemenkop pada tahun 2019) untuk bisa bangkit dan memaksimalkan potensinya yang besar.

"Kami percaya bahwa dengan bergandengan tangan, kita akan menjadi semakin kuat dalam memajukan UKM & UMKM Indonesia bersama-sama dengan para influencer Indonesia. Ini adalah ruang saling bantu yang bertujuan memajukan ekonomi Indonesia. Infina merupakan rumah yang tepat bagi UKM & UMKM serta influencer Indonesia untuk saling terhubung dan maju bersama," ujar Oktora Irahadi dalam keterangan pers, Sabtu (22/8/2020).

Di sisi lain, ada sekitar Rp400.000 lulusan S-1 setiap tahunnya di Indonesia, belum termasuk sekolah kejuruan. Dalam 15 tahun ke depan akan ada sekitar Rp12.000.000 (dua belas juta) angkatan kerja baru yang membutuhkan pekerjaan. Melihat kondisi pandemic saat ini tentu ini akan menjadi tantangan bagi Indonesia.

(Baca Juga: Pulihkan Ekonomi Nasional, Menteri Airlangga Minta Dukungan ke Pelaku Usaha Kecil )

INFINA merangkul tenaga kerja Indonesia untuk tidak hanya tergantung kepada pemberi kerja, namun juga bisa berdaya untuk mencipatakan lapangan kerja atau penghasilan tersendiri sekaligus membantu para UKM & UMKM Indonesia.

Selain menghubungkan para UKM & UMKM dengan influencer untuk jejaring lebih luas lagi, platform INFINA juga turut menyediakan jasa yang akan membantu UKM dan UMKM dalam mengembangkan bisnisnya mulai dari jasa konsultasi pemasaran secara daring, jasa desain visual, jasa videografi termasuk berbagai workshop manajemen pengiklanan.

Dalam rangka hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75, INFINA meluncurkan kampanye promosi diskon sebesar 75% bagi 750 UKM Indonesia pertama untuk memasarkan produknya menggunakan jasa para influencer.

Mekanisme untuk program ini terbilang mudah, para influencer yang memiliki follower di atas 1000 (seribu) bisa ikut bergabung dan mendaftar di WWW.INFINA.ID sebagai influencer. Nantinya deretan influencer ini akan dipilih oleh para UKM & UMKM yang telah bergabung di INFINA untuk membantu memasarkan produk mereka. Menariknya, satu postingan para influencer akan dihargai mulai dari Rp.15.000.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)