Bakal Fungsional, Begini Rute dari Balikpapan ke IKN lewat Jalan Tol

Minggu, 07 Juli 2024 - 13:00 WIB
loading...
Bakal Fungsional, Begini...
Jalan Tol IKN akan beroperasi fungsional satu arah dengan tiga lajur menuju ibu kota baru jelang perayaan HUT RI ke-79. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Jalan Tol Ibu Kota Nusantara (IKN) siap beroperasi fungsional menjelang HUT RI ke-79 pada 17 Agustus 2024, untuk mendukung mobilitas para peserta upacara kemerdekaan yang akan ke IKN. Jalan tol tersebut akan beroperasi fungsional satu arah dengan tiga lajur menuju IKN.

"Progress-nya bagus, sudah diaspal, target kita pokoknya akan fungsional satu arah, tiga lajur. Itu sekarang sudah 90%," ujar Ketua Satgas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Danis Hidayat Sumadilaga akhir pekan ini.



Saat ini, Kementerian PUPR tengah membangun jalan tol IKN untuk 3 seksi, yaitu Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km. Ketiga ruas itulah yang akan digunakan secara fungsional untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas menuju IKN.

Dengan beroperasinya jalan tol tersebut, akses menuju ke IKN memiliki rute baru yakni, kendaraan dari Bandara Sepinggan, Balikpapan, masuk ke Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam), dan masuk ke Jalur Fungsional IKN di KM 11 Jalan Tol Balsam.



Kendaraan akan menempuh jarak sepanjang 13,4 km di Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang. Kemudian, meneruskan di jalur fungsional Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km hingga bertemu Jembatan Dirgahayu, Jembatan Pulau Balang Bentang Panjang, dan Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek yang menjadi bagian dari Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

Setelah turun dari jembatan, maka kendaraan bisa meneruskan ke Seksi 5B Segmen Jembatan Pulau Balang-Sp. Riko sepanjang 13,27 km dan menjadi Exit Point Seksi 5B via Jalan EX IJD STA 9+900.

Sekadar informasi tambahan, jalan Tol IKN jika rampung keseluruhan akan mempersingkat jarak tempuh dari Balikpapan menuju KIPP IKN yang semula melewati Jalan Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Lintas Sepaku dengan waktu sekitar 2 jam 15 menit dengan jarak 95 km, menjadi hanya sekitar 45 menit dengan jarak 57 km.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1658 seconds (0.1#10.140)