alexametrics

Amazon Salip Apple dan Google untuk Jadi Brand Paling Bernilai di Dunia

loading...
Amazon Salip Apple dan Google untuk Jadi Brand Paling Bernilai di Dunia
Amazon telah menyalip Google dan Apple untuk menjadi brand atau merek paling bernilai di dunia yang mencapai USD315,5 miliar. Foto/Ilustrasi
A+ A-
NEW YORK - Amazon telah menyalip Google dan Apple untuk menjadi brand atau merek paling bernilai di dunia yang mencapai USD315,5 miliar, dimana menurut peringkat perusahaan global mengalami kenaikan 52% dari tahun lalu. Pada urutan kedua ditempati oleh Apple yang memiliki nilai sebesar USD309,5 miliar untuk selanjutnya diikuti Google pada tempat ketiga USD309 miliar.

Seperti dilansir CNBC, peringkat tersebut berdasarkan BrandZ Top 100 Most Valuable Global Brand ranking 2019, yang disusun oleh lembaga riset WPP Kantar dan dirilis kemarin. Google dan Apple telah menghabiskan 12 tahun terakhir berada dalam daftar paling atas dengan Google menduduki tempat tertinggi pada tahun 2018, lalu. Kepala Kantar Global dari BrandZ yaitu Doreen Wang menerangkan, lompatan yang dilakukan Amazon karena menjual berbagai layanan.

“Pertumbuhan nilai brand fenomenal Amazon hampir USD108 miliar pada tahun lalu, untuk menunjukkan bagaimana brand saat ini kurang terikat pada kategori dan wilayah individu. Batasnya kabur karena perkembangan teknologi memungkinkan brand, seperti Amazon, Google dan Alibaba, untuk menawarkan berbagai layanan di berbagai titik kontak konsumen," katanya dalam sebuah pernyataan.



Amazon sendiri telah mendorong investasi mereka pada berbagai perusahaan setelah bisnis inti melambat, termasuk start-up self-driving Aurora serta perusahaan truk listrik Rivian. Ditambah melakukan perluasan bisnis pesawat mereka Amazon Air, untuk selanjutnya membeli PillPack yang merupakan farmasi online senilai USD753 juta pada tahun 2018 dan bulan lalu mengucurkan dana USD575 juta ke perusahaan pengiriman makanan Deliveroo.

Empat dari sepuluh besar peringkat BrandZ terdiri dari merek-merek lama yang sudah sangat familiar termasuk Visa, McDonald dan AT&T. Dimana Microsoft berada di posisi keempat, seperti mengulang tahun kemarin. Perusahaan teknologi selalu mendominasi peringkat, dengan Microsoft mengambil posisi teratas ketika BrandZ dimulai pada tahun 2006.

Tahun ini, Alibaba (yang memiliki nilai USD131,2 miliar) menyusul Tencent (USD130,9 miliar) untuk menjadi brand asal China paling bernilai. Ada total 15 merek dari China dalam daftar 100 perusahaan, termasuk perusahaan ponsel Xiaomi (senilai USD19,8 miliar) dan Meituan (USD18,8 miliar), sebuah platform teknologi yang dapat digunakan untuk memesan, pengiriman makanan, memesan kamar hotel dan mengatur sewa sepeda.

Chair of BrandZ, David Roth mengatakan perusahaan yang melakukannya dengan baik adalah mereka yang menguasai model baru layanan saat ini. "Brand perlu memahami nilai model jenis ini dan harus merangkul pendekatannya untuk menjadi sukses di masa depan," katanya dalam komentar resmi.

Brand-brand teknologi, keuangan, dan ritel mendominasi peringkat secara keseluruhan, membentuk lebih dari dua pertiga nilainya. Sementara kemewahan adalah kategori yang paling cepat berkembang. Agar memenuhi syarat untuk peringkat, brand harus diperdagangkan secara publik, atau mempublikasikan hasil keuangan mereka.

Daftar BrandZ menggabungkan ukuran ekuitas brand berdasarkan wawancara dengan lebih dari 3 juta konsumen tentang ribuan brand, dengan analisis bisnis dan kinerja keuangan masing-masing perusahaan serta menggunakan data dari Kantar Worldpanel.

Berikut daftar 10 Brand Paling Bernilai di Dunia Pada Tahun 2019:

1. Amazon USD315,5 miliar
2. Apple USD309,5 miliar
3. Google USD309 miliar
4. Microsoft USD251,2 miliar
5. Visa USD177,9 miliar
6. Facebook USD159 miliar
7. Alibaba USD131,2 miliar
8. Tencent USD130,9 miliar
9. McDonald USD130,4 miliar
10. AT&T USD108,4 miliar
(akr)
preload video
loading...
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak