Upaya Mengapresiasi Strategi Pengelolaan Merek

Kamis, 27 Oktober 2022 - 22:36 WIB
loading...
Upaya Mengapresiasi Strategi Pengelolaan Merek
Indonesia Brand Communication and Guardian Champions kembali digelar untuk kedua kalinya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ajang “Indonesia Brand Communication and Guardian Champions" kembali digelar untuk kedua kalinya, Kamis (27/10/2022). Ajang yang merupakan rekognisi untuk karya komunikasi merek dan penghargaan untuk para pengelola merek atas upaya pengawalan mereka terhadap eksistensi brand.



Berbeda dengan tahun lalu yang hanya diselenggarakan secara online, tahun ini seremonial penyerahan penghargaan dilakukan secara hybrid di Prof. Dr. Djayusman Auditorium & Performance Hall, LSPR Institute of Communication & Business, Jakarta, serta live melalui platform Zoom, Youtube, dan Facebook.

“Harapannya, selain menambah kepercayaan investor, penghargaan ini dapat menjadi brand credential yang dapat menarik konsumen. Bagi agensi branding-nya, rekognisi ini diharapkan dapat menunjukkan level of service mereka dalam mengawal brand kliennya,” ungkap Lis Hendriani, Pemimpin MIX MarComm.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa perhelatan ini adalah dua rekognisi dengan penilaian yang berbeda satu sama lain dari cara penilaiannya. Brand Communications Champion adalah penghargaan untuk karya-karya komunikasi merek yang terdiri dari empat kategori utama, yaitu The Best Digital Campaign (in Food & Beverages Industry dan in Financial Services), The Best Digital Channel (Website Performance dan Social Media Performance), The Best Creative Commercial Ad (in FMCG Industry, in Health & Pharmacy Industry, in Financial Services Industry, dan Tactical Commercial Ad), dan The Best Integrated Marketing Communication (IMC).

Sementara itu, Brand Guardianship Champion adalah anugerah untuk para wali merek yang sukses melindungi, menjaga, dan memastikan merek yang dikawalnya tetap berharga, sehingga investasi yang besar yang telah ditanam untuk membangunnya tidak hilang. Penghargaan ini terdiri dari dua kategori, yakni The Best Brand Guardian Leader dan The Best Brand Guardian Team.

“Ada 110 brand lokal Indonesia yang kami review Creative Advertising, Digital Campaign, serta Digital Channel Performance-nya. Ke-110 brand lokal tersebut adalah leading local brand di 110 kategori produk hasil survei Indonesia Original Brand (IOB) 2021,” urai Lis.

Sedangkan untuk kategori IMC, partisipannya adalah brand yang menjawab Call for Entries dengan mengajukan program komunikasinya untuk di-review oleh dewan juri. Ada 19 partisipan pada kategori ini.

Metode penilaian untuk masing-masing kategori dilakukan berbeda-beda. Creative Commercial Advertising dinilai melalui metode penjurian oleh pakar creative advertising dari kalangan praktisi dan akademisi. Sedangkan Digital Brand Campaign dan Digital Channel Performance dievaluasi secara kuantitatif menggunakan Ripple10 Digital Listening Tools, Social Media, dan Website monitoring, bekerja sama dengan agensi digital Ivosights.



Dalam rangkaian penganugerahan “Indonesia Brand Communication and Guardian Champions," MIX MarComm juga menggelar diskusi panel "Indonesia Brand Guardianship Forum 2022” bertajuk “Brand Guardianship to Save the Brand Value”. Ada empat pembicara yang dihadirkan pada forum tersebut, yakni Kristy Iskandar (Strategic Planning Director Dentsu Creative), Edie Kurniawan (VP Marketing Management PT Telkom Indonesia Tbk/IndiHome), Ivan Ally (SVP Marketing Communications PT Bank Syariah Indonesia Tbk), dan Tarrence K. Palar (Marcomm & Community Manager Harian Kompas & Kompas.id).

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)