Segunung Alasan Kenapa Jokowi Belum Ngantor di IKN

Kamis, 11 Juli 2024 - 11:28 WIB
loading...
Segunung Alasan Kenapa...
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono buka suara soal alasan kenapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum berkantor di Ibu Kota Nusantara atau IKN pada bulan ini. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) bisa mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara atau IKN kemungkinan pada akhir Juli 2024 mendatang.



Menteri Basuki menjelaskan, hal itu lantaran masih cukup padatnya kunjungan kerja yang akan dilakukan Presiden Jokowi pada awal hingga pertengahan Juli ini. Disamping sambil menyiapkan sarana dan prasarana dasar seperti listrik dan air di IKN.

"Nanti saya tanggal 18 kesana (IKN), karena tanggal 15 saya ke Abu Dhabi bersama Presiden, pulang tanggal 17, dan 18 kesana (IKN) memastikan air InsyAllah sudah oke," ujar Basuki di Istana Negara, Rabu (11/7/2024).



Lebih lanjut, Basuki mengatakan pada tanggal 22 Juli mendatang, Presiden Jokowi juga sudah memiliki jadwal untuk berkunjung ke Papua dalam rangka Hari Anak Nasional. Sehingga setelah dari sana, kemungkinan baru Presiden ke bisa mulai ke IKN.

"Nanti kan setelah tanggal 20, tanggal 22 ke Papua, hari anak, setelah itu beliau kesana (IKN)," sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Plt. Kepala OIKN itu juga menambahkan pada pertengahan Juli mendatang sekitar tanggal 15 Juli air dan listrik sudah bisa digunakan di IKN. Paling tidak air sudah mengalir ke kantor Presiden dan beberapa titik lain untuk mendukung kelancaran upacara HUT Kemerdekaan di IKN.

"Kalau air iya, kalau sudah 15 commissioning, kemudian 18 saya cek untuk distribusinya," kata Basuki.

Basuki juga menegaskan, Presiden tidak batal untuk berkantor di IKN sesuai dengan rencana pada bulan Juli ini. Namun memang masih menunggu kesiapan infrastruktur dasar seperti air dan listrik yang mulai masuk pada pertengahan bulan Juli dan setelah merampungkan beberapa agenda kunjungan kerja.

"Beliau (Presiden) kan tidak bilang batal. Cuma bilang sudah/belum? gitu aja kan, yang Namanya Juli kan ini masih tanggal 10, kalau air InsyaAllah bisa masuk, tanggal 18 sudah bisa commissioning," tutup Basuki.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2035 seconds (0.1#10.140)