Bandara Kertajati Siapkan Diskon Travel dan Damri Gratis

Rabu, 26 Juni 2019 - 05:49 WIB
Bandara Kertajati Siapkan Diskon Travel dan Damri Gratis
Bandara Kertajati Siapkan Diskon Travel dan Damri Gratis
A A A
JAKARTA - Bandar udara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, terus mempersolek diri. Bandara anyar ini akan mengalihkan seluruh rute penerbangan domestik dengan pesawat jet dari Bandara Husein Sastranegara, paling lambat 1 Juli 2019.

Seiring pengalihan tersebut maka persiapan transportasi publik ke Bandara Kertajati harus dilakukan optimal. Saat ini, sudah tersedia 11 perusahaan yang mengoperasikan transportasi publik dari dan ke Kertajati.

Berbagai insentif pun disiapkan demi menunjang akses transportasi ke bandara ini, mulai dari diskon tarif angkutan travel hingga gratis naik Damri. Damri memberikan pelayanan gratis dari dan ke kertajati selama masa transisi dari 1 Juli 2019 hingga akhir Juli 2019.

Vice President of Corporate Communications PT Angkasa Pura II (Persero), Yado Yarismano, mengatakan sejumlah perusahaan transportasi darat sudah bekerja sama untuk menghadirkan kemudahan bagi masyarakat yang ingin menuju Bandara Kertajati.

"Saat ini sudah ada 11 perusahaan, terdiri dari 10 operator travel, Damri yang siap digunakan untuk mobilitas dari dan ke Kertajati, operator travel juga ada yang memberikan tarif khusus. Bagi travel yang memasang tarif Rp125.000 per penumpang dari dan ke sejumlah tujuan, didiskon menjadi Rp105.000. Selain itu, tersedia juga Damri gratis yang diberangkatkan dari Bandung menuju Kertajati dan sebaliknya," ujarnya di Jakarta, Selasa (25/5/2019).

Tersedianya beragam pilihan transportasi publik ini bertujuan untuk mendukung kelancaran penerbangan di Kertajati, selain tentunya memudahkan masyarakat.

"Kami berharap Kertajati dapat mudah diakses oleh masyarakat sehingga operasional penerbangan dan bandara pun dapat berjalan lancar," jelas Yado Yarismano.

Sementara itu, President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan selain travel dan bus, ke depannya di Bandara Kertajati juga tersedia inovasi layanan baru transportasi online.

Inovasi layanan ini akan menjadi alternatif melihat demand dan traffic yang cukup tinggi untuk moda transportasi ini, dimana pergerakan penumpang per harinya diperkirakan sekitar 5.000 hingga 6.000 penumpang dari rencana 11 rute dan 40 penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Kertajati.

"Transportasi berbasis aplikasi seperti taksi online sudah menjadi bagian dari keseharian kita. Tapi, kalau layanan taksi online hanya seperti biasa saja maka tarifnya akan cukup mahal bagi penumpang untuk menuju atau dari Kertajati," katanya.

Karena itu, AP II mengusulkan dan tengah membahas hal ini dengan pihak terkait agar ada inovasi layanan transportasi online dengan konsep economy sharing, yang dapat juga diistilahkan sebagai patungan oleh sesama penumpang.

Muhammad Awaluddin mengatakan konsep baru layanan transportasi online tersebut diyakini dapat membantu memberikan alternatif bagi penumpang, sekaligus membuat layanan transportasi online semakin beragam.

Adapun AP II saat ini juga tengah fokus membantu maskapai untuk dapat segera merealisasikan perpindahan penerbangan dari Husein Sastranegara ke Kertajati. Sebelum perpindahan direalisasikan, maka jadwal keberangkatan dan kedatangan seluruh rute penerbangan domestik masih melalui Husein Sastranegara.

Berikut operator transportasi darat yang melayani rute dari dan ke Kertajati:
1. Damri: rute Bandung-Kertajati, Cirebon-Kertajati, Cikarang-Kertajati, Kuningan-Kertajati
2. CTU Shuttle: Bandung-Kertajati, Tasikmalaya-Kertajati.
3. Lintas Shuttle: Bandung-Kertajati, Tasikmalaya-Kertajati
4. ECA Shuttle: Cirebon-Kertajati, Kuningan-Kertajati, Indramayu-Kertajati
5. P. Trans: Purwakarta-Kertajati
6. Baraya: Bandung-Kertajati
7. Mekarsari: Majalengka-Kertajati
8. Ames: Sumedang-Kertajati, Majalengka-Kertajati
9. Budiman: Tasikmalaya-Kertajati
10. Bhinneka Shuttle: Bandung-Kertajati, Cirebon-Kertajati
11. BJT: Cirebon-Kertajati
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5375 seconds (0.1#10.140)