Peluang Besar, RI Bidik Ekspor Perhiasan Perak ke AS hingga Eropa

Minggu, 23 Agustus 2020 - 21:25 WIB
loading...
Peluang Besar, RI Bidik Ekspor Perhiasan Perak ke AS hingga Eropa
RI bidik eskpor produk kerajinan perhiasan perak ke AS hingga Eropa. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus berupaya meningkatkan produk pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) untuk bisa menembus pasar luar negeri. Hal itu diyakini menjadi salah satu upaya dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19.

Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin, Gati Wibawaningsih peluang ekspor untuk kerajinan perhiasan perak masih terbuka lebar, seperti ke pasar Amerika Serikat (AS) dan Eropa.

"Maka itu, kami terus dorong ekspor dari sektor ini, dengan memiliki kualitas produk yang kompetitif dengan didukung mesin yang bagus. Sehingga nantinya pada tahun 2021, kembali akan diberikan alokasi dana khusus untuk pengerajin perak di Celuk hingga Rp4 miliar," ujar Gati di Jakarta, Minggu (23/8/2020).



Menurut dia IKM perhiasan perak di Bali punya peluang besar untuk di ekspor ke luar negeri. Pasalnya kerajinan perak di Bali kualitasnya bagus sehingga memiliki daya saing yang cukup besar ke pasar asing. "Hal ini agar semangat mereka berusaha dan berkreasi bisa bangkit lagi. Apalagi, ekspor perhiasan kita sedang bagus," kata dia.



Menurut Gati, ke depannya, Bali tidak hanya mengandalkan dari sektor pariwisata saja, tetapi juga dapat ditopang oleh sektor pertanian dan kerajinan yang akan menjadi prioritas. "Salah satunya dengan mengembangkan kembali industri kerajinan perak di daerah Celuk, Bali karena potensinya luar biasa dan banyak produknya telah diminati konsumen mancanegara," tandasnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)