Pascainsiden Penembakan Trump, Gimana Reaksi Pasar Kripto?

Selasa, 16 Juli 2024 - 22:23 WIB
loading...
Pascainsiden Penembakan...
Reaksi pasar kripto pascainsiden penembakan calon presiden AS Donald Trump. FOTO/iStock
A A A
JAKARTA - Donald Trump menjadi korban penembakan saat kampanye di Pennsylvania. Peristiwa ini tidak hanya mendominasi berita utama di seluruh dunia tetapi juga menyebabkan volatilitas di pasar kripto pada akhir pekan.

Penembakan ini terjadi pada 13 July 2024. Selama masa kepresidenannya yang pertama, Trump dikenal sebagai kritikus vokal terhadap Bitcoin dan industri kripto secara keseluruhan. Tidak mengherankan, penembakan ini berpotensi berdampak pada pasar kripto.

Di lain sisi, beberapa tokoh seperti CEO Tesla Elon Musk dan Founder Tron Justin Sun justru secara resmi mendukung Donald Trump dalam pencalonannya kembali sebagai Presiden AS. Dukungan ini datang pasca upaya pembunuhan terhadap Trump tersebut.

Dukungan dari keduanya terhadap Donald Trump menambah warna baru pada dinamika pasar kripto, dan menjadi harapan bagi kebijakan yang lebih ramah terhadap kripto jika Trump terpilih kembali. Terlihat dari harga Bitcoin yang sebelumnya berada di harga USD58,300 menjadi USD63,015.



Sebelumnya, hasil keputusan CPI Amerika juga cukup memberikan dampak terhadap pasar kripto. Inflasi di AS pada bulan Juni, yang diukur dengan perubahan CPI, menurun menjadi 3% year-on-year (YoY) sesuai data di U.S. Bureau of Labor Statistics. Angka ini mengejutkan pasar karena lebih rendah dari ekspektasi mereka sebesar 3,1%. Turunnya angka ini juga merupakan penurunan dari 3,3% yang tercatat pada bulan Mei, menunjukkan penurunan sebesar 0,1% dari bulan sebelumnya.

"Data CPI merupakan salah satu indikator ekonomi yang sangat diperhatikan oleh para pelaku pasar, termasuk investor kripto. Perubahan tingkat inflasi yang diukur melalui CPI dapat mempengaruhi kebijakan moneter Federal Reserve, yang pada akhirnya berdampak pada pergerakan harga aset kripto. Koreksi yang terjadi di pasar kripto saat data CPI dirilis merupakan reaksi yang wajar mengingat ketidakpastian yang ada," ujar CEO Indodax, Oscar Darmawan memberikan pandangannya mengenai situasi ini di Jakarta, Selasa (16/7/2024).

Sementara terkait kondisi pasar kripto pasca insiden penembakan terhadap calon Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

"Kami perlu memahami bahwa pasar kripto sering kali bereaksi terhadap berita-berita besar yang berpotensi memiliki dampak terhadap stabilitas geopolitik dan ekonomi global," ujar Oscar.

"Pada saat ini, saya melihat bahwa insiden tersebut berpotensi menciptakan ketidakpastian yang cukup tinggi di pasar keuangan, termasuk pasar kripto. Reaksi pasar dapat bersifat volatil dalam jangka pendek karena para investor cenderung mencari keamanan dalam situasi yang tidak menentu," tambah Oscar.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)