Pandangan Himbara Soal Calon Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti

Selasa, 09 Juli 2019 - 19:11 WIB
Pandangan Himbara Soal Calon Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti
Pandangan Himbara Soal Calon Deputi Gubernur Senior BI Destry Damayanti
A A A
JAKARTA - Himpunan Bank-Bank Negara (Himbara) dan Perhimpunan Bank Nasional (Perbanas) memberikan pandangannya terhadap Destry Damayanti yang merupakan calon tunggal Deputi Gubernur Senior (DGS) Bank Indonesia periode 2019-2024. Menurut Himbara ada beberapa tantangan yang bakal dihadapi Destry untuk menggantikan Mirza Adityaswara.

Ketua Himbara Maryono mengatakan, tugas utama yang harus dilakukan Destry adalah terobosan baru dalam meningkatkan makroprudensial dimana salah satunya kinerja perbankan. Meski begitu sosok Destry Damayanti diyakini mempunyai kapabilitas serta layak menduduki Deputi Gubernur Senior BI berikutnya.

"Dia punya kapabilitas dan kapasitas yang memenuhi. Tadi sudah saya katakan karena dia calonnya cuma satu, saya kira dia juga kita nilai dari sisi industri perbankan, dia punya kapasitas dan kapabilitas yang layak untuk bisa dilakukan suatu penilaian oleh DPR," ujar Maryono di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (9/7/2019)

Menurutnya permasalahan yang harus diselesaikan yakni likuiditas perbankan yang masih ketat serta suku bunga tinggi. Hal ini harus mampu diselesaikan sehingga tidak menjadi beban bagi perbankan. "Ini yang perlu dilakukan agar perbankan kita bisa lincah lagi, supaya bisa mengisi pembangunan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh," jelasnya.

Dia pun optimis Destry memilih rencana dan langkah yang lebih lembut dalam mendapatkan inovasi baru untuk industri perbankan. "Arahnya dia banyak melakukan inovasi-inovasi baru dan arah dia bertumpu pada market karena dia punya pengalaman di industri," paparnya.

Dengan pengalaman Destry yang beragam di industri keuangan, diharapkan mampu membuat kebijakan yang pruden untuk sistem keuangan dan dibutuhkan sebagai stimulus untuk untuk menumbuhkan industri keuangan.

Diketahui Destry Damayanti diajukan Presiden Joko Widodo kepada DPR sebagai calon tunggal untuk menempati posisi Deputi Gubernur Senior (DGS) BI periode 2019-2024. Jika direstui DPR, Destry akan menggantikan Mirza Adityaswara, yang masa jabatannya selesai pada 24 Juli 2019.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5293 seconds (0.1#10.140)