Ada Gangguan Sistem TI, Penumpang Pesawat Diminta Datang Lebih Awal

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:25 WIB
loading...
Ada Gangguan Sistem...
Penumpang pesawat diminta datang lebih awal untuk check-in akibat gangguan sistem TI yang berdampak pada sebagian maskapai. FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara meminta para calon penumpang pesawat berangkat lebih awal ke bandara. Pasalnya, gangguan sistem teknologi informasi (TI) yang terjadi di beberapa bandara mengharuskan beberapa maskapai memberlakukan check-in manual.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M Kristi Endah Murni mengatakan, beberapa maskapai yang saat ini terdampak gangguan sistem IT Check-in bandara adalah Citilink, Scoot Airlines, AirAsia dan Indigo. Sistem check-in maskapai-maskapai tersebut terhubung dengan provider sistem secara global.



Saat ini Kemenhub telah meminta operator penerbangan untuk membuka lebih banyak check-in counter karena pelayanan proses check-in keberangkatan penumpang dan bagasi secara manual karena adanya gangguan tersebut.

"Langkah-langkah yang dilakukan untuk antisipasi gangguan tersebut yaitu melakukan pelayanan proses check-in keberangkatan penumpang dan bagasi secara manual, membuka lebih banyak check-in counter serta menghimbau agar para penumpang berangkat lebih awal," ujar Kristi dalam keterangan resminya, Sabtu (20/7/2024).



Meski demikian, Kemenhub memastikan operator penerbangan PT Angkasa Pura Indonesia dan Airnav Indonesia tetap menjalankan operasional penerbangan dengan normal dan tidak terdapat gangguan. Ditjen Hubud pun terus memonitor perkembangan masalah tersebut dan melakukan langkah-langkah antisipasi dan mitigasi.

Ditjen Hubud juga telah menugaskan para inspektur penerbangan untuk bekerja sama dengan para operator penerbangan, penyelenggara bandara dan penyelenggara navigasi penerbangan untuk memastikan operasional penerbangan tetap berjalan dengan aman dan selamat.

Kemenhub juga memastikan penanganan penumpang dengan memberikan kompensasi keterlambatan (delay management) dan opsi pelayanan terbaik kepada penumpang.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1655 seconds (0.1#10.140)