alexametrics

Perluas Akses, UMKM Didorong Lakukan Pemasaran Secara Online

loading...
Perluas Akses, UMKM Didorong Lakukan Pemasaran Secara Online
Talkshow Pemanfaatan Platform Digital untuk Memperluas Usaha UMKM di pameran KKI 2019 di JCC, Minggu (14/7/2019). Foto/Dok.BI
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) bersama penyedia platform digital bersinergi mendukung kesiapan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Binaan dan Mitra BI memasarkan produk secara online untuk memperluas akses pasar UMKM.

Hal tersebut dilakukan melalui program persiapan pemasaran online UMKM BI (On Boarding) dan fasilitasi penyediaan platform dan atau pelatihan pemasaran berbasis digital oleh penyedia platform digital.

"UMKM On Boarding adalah proses penyesuaian pelaku UMKM untuk masuk sebagai penjual di pasar online dan menyesuaikan diri dengan mekanisme yang berlaku di lingkungan marketplace tempat UMKM tersebut berbisnis," jelas Direktur Eksekutif Komunikasi BI Onny Widjarnako melalui keterangan resminya, Minggu (14/7/2019).



Bank Indonesia memfasilitasi pelatihan dan pendampingan untuk UMKM Binaan dan Mitra BI agar dapat on-boarding pada marketplace atau menggunakan media sosial dalam strategi pemasarannya. Melalui teknologi digital, UMKM diharapkan mampu memperluas akses pemasarannya, bahkan hingga ke mancanegara.

Dalam rangkaian Karya Kreatif Indonesia 2019, Bank Indonesia turut memfasilitasi business matching (temu bisnis), salah satunya dengan mempertemukan UMKM Unggulan Binaan dan Mitra BI dengan e-commerce.

Pameran KKI 2019 berlangsung mulai Jumat (12/7) hingga hari ini di Hall A, Jakarta Convention Center. Sebagai rangkaian kegiatan, diselenggarakan juga talkshow "Pemanfaatan Platform Digital untuk Memperluas Usaha UMKM" hari ini dengan narasumber dari Bank Indonesia, Google Indonesia (search engine), Desa Ekowisata Nglanggeran Yogyakarta (UMKM Binaan BI), Nycta Gina (selebritis dan pelaku usaha online), dan Titipku.com (marketplace).
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak