Razia Barang Impor Ilegal Menyasar Pasar bikin Pedagang Teriak

Senin, 22 Juli 2024 - 12:29 WIB
loading...
Razia Barang Impor Ilegal...
Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mengaku keberatan atas razia barang impor ilegal di pasar-pasar oleh Satuan Tugas (Satgas) pengawasan impor Kementerian Perdagangan (Kemendag). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) mengaku keberatan atas razia barang impor ilegal di pasar-pasar oleh Satuan Tugas (Satgas) pengawasan impor Kementerian Perdagangan ( Kemendag ). IKAPPI mengatakan, isu rencana razia di pasar-pasar seperti di Tanah Abang atau ITC, dipandang menakuti dan menyesatkan para pedagang .



Hal itu disampaikan oleh Ketua Umum DPP IKAPPI, Abdullah Mansuri ihwal tanggapan atas resminya pembentukan Satgas Pengawasan Barang Tertentu yang Diberlakukan Tata Niaga Impor oleh Kemendag.

"Isu bahwa akan ada razia di beberapa pasar, itu merupakan isu yang tidak bertanggung jawab. Isu yang kami anggap menyulitkan itu karena menakut-nakuti pedagang bahwa barangnya adalah barang impor ilegal," ujar Mansuri kepada MPI, Senin (22/7/2024).



Mansuri mengungkapkan, para pedagang khususnya di pasar, hanya berusaha berdagang dengan menjual barang-barang yang diperoleh dari distributor. Ia mengatakan, para pedagang tidak mengetahui apakah barang yang didapatkan itu merupakan impor, baik legal atau tidak.

"Pedagang itu simpel, ada barang, murah, bisa dijual dan sesuai kebutuhan publik, ya dia beli untuk dijual. Tapi tiba-tiba akhir-akhir ini bermunculan isu yang menakutkan itu," tutur Mansuri.

Oleh karena itu, Mansuri meminta Kemendag atau pihak Kementerian dan Lembaga terkait Satgas Impor Ilegal, agar melakukan sosialisasi ihwal barang impor ilegal.

"Kami mendorong sebenarnya, Kemendag dan Satgas yang baru dibentuk itu untuk mensosialisasikan dahulu ke pedagang. Kami bisa memfasilitasi untuk mengedukasi barang impor ilegal yang dilarang saat ini," jelas Mansuri.

Diketahui, heboh video yang menunjukkan adanya razia barang impor ilegal di ITC Mangga Dua. Terlihat dalam video yang beredar di media sosial, para pedagang atau pemilik toko berusaha melindungi barang dagangannya. Ada yang berusaha memasukan lagi barang-barang ke dalam toko hingga menutup lebih cepat penjualan hari ini.

Dikabarkan kejadian razia ini dilakukan, Kamis (18/7/2024). Belum diketahui siapa yang melakukan razia barang impor tersebut. Namun yang diketahui bahwa pemerintah dengan tegas segera memerangi barang-barang impor ilegal. Para pedagang yang memiliki atau menjual barang impor ilegal pun diperingatkan untuk berhati-hati.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengungkapkan, Satuan Tugas (Satgas) impor barang ilegal segera diresmikan dalam waktu dekat. Pembentukan ini dalam rangka menghadapi banjirnya barang-barang impor yang masuk ke Tanah Air.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1959 seconds (0.1#10.140)