Bos Bukopin Beberkan 3 Rencana Transformasi dari KB Kookmin Bank

Senin, 24 Agustus 2020 - 12:19 WIB
loading...
Bos Bukopin Beberkan 3 Rencana Transformasi dari KB Kookmin Bank
Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Setelah melalui serangkaian proses, PT Bank Bukopin Tbk kini memiliki pemegang saham pengendali yang baru yakni KB Kookmin Bank, bank terbesar di Korea Selatan. Direktur Utama Bank Bukopin Rivan A Purwantono mengatakan, ada tiga rencana Kookmin Bank untuk merealisasikan transformasi bagi Bank Bukopin.

Pertama, Bank Bukopin akan sangat selektif dalam mencari pasar untuk bersaing, tetap fokus pada hal yang paling relevan dan sesuai dengan fokus bisnis, yaitu segmen ritel, terutama UMKM, koperasi dan komunitas pelaku bisnis Indonesia-Korea, melalui penerapan standar disiplin sesuai manajemen risiko.

"Kerja sama antara Kookmin dan Bukopin juga dapat dilakukan untuk peningkatan layanan pada pengajuan KPR, apalagi sektor ini merupakan spesialisasi dari Kookmin," ujar Rivan di Jakarta, Senin (24/8/2020).

(Baca Juga: Babak Baru Bank Bukopin)

Menurut Rivan, dari basisi data yang dibangun, Bank Bukopin kini dapat melakukan percepatan dalam proses investigasi atau penilaian aset calon debitur, hanya dalam satu jam, sehingga pengajuan pun bisa lebih cepat prosesnya. Dengan penambahan investasi Kookmin Bank di berbagai aspek, transformasi manajemen dan perseroan dapat lebih cepat, sehingga mampu melayani nasabah dengan lebih baik lagi.

Kedua, untuk melayani pelanggan dengan memberikan solusi terbaik, Bank Bukopin akan meningkatkan ciri khasnya dalam segmen bisnisnya, yaitu ritel, melalui penawaran yang lebih berpusat pada nasabah. Model bisnis dan operasinya pun akan disesuaikan secara khusus untuk segmen pasar yang sesuai dengan segmen bisnis Bank Bukopin.

"Pengalaman Kookmin Bank dalam membangun waralaba Ritel yang kuat di Korea Selatan dapat bermanfaat untuk membantu Bank Bukopin menerapkan strategi tersebut," ungkap dia.

(Baca Juga: Fitch Ratings Indonesia Naikkan Peringkat Bank Bukopin Jadi AA-)

Terakhir, transformasi ini dapat dicapai dengan dukungan organisasi yang sehat dan SDM yang berkomitmen. Untuk itu, kata Rivan, Bank Bukopin berkomitmen untuk mengembangkan talent internal yang Tangguh.

Kookmin Bank juga akan mendedikasikan sumber daya terbaik untuk mengembangkan kapabilitas insan Bank Bukopin, melalui transfer knowledge di beberapa bidang, salah satunya digitalisasi jaringan ritel Bank Bukopin.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0958 seconds (0.1#10.140)