Profil Burhanuddin Abdullah, Komut PLN yang Baru Pengganti Agus Martowardojo

Selasa, 23 Juli 2024 - 15:04 WIB
loading...
Profil Burhanuddin Abdullah,...
Komisaris Utama PLN Burhanuddin Abdullah. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menunjuk Burhanuddin Abdullah sebagai Komisaris Utama PT PLN (Persero). Burhanuddin ditunjuk menggantikan Agus Dermawan Wintarto Martowardojo yang sebelumnya mengisi posisi tersebut.

Burhanuddin Abdullah merupakan eks Ketua Dewan Pakar Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dalam pilpres 2024 lalu. Tak hanya itu, pemegang saham juga menunjuk Andi Arief selaku Komisaris Independen.

Andi Arief sebelumnya dipercaya menjadi Kepala Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Partai Demokrat, yang merupakan partai koalisi Prabowo-Gibran.

"Benar (Andi Arief jadi Komisaris Independen dan Burhanuddin Abdullah jadi Komisaris Utama PLN)," ujar Deputi Bappilu Demokrat Kamhar Lakumani, Selasa (23/7/2024).



Profil Burhanuddin Abdullah

Melansir dari berbagai sumber, Selasa (23/7), Burhanuddin Abdullah lahir di Garut, Jawa Barat, pada 10 Juli 1947. Dia pernah menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian di bawah Pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Dia juga adalah mantan Gubernur Bank Indonesia sejak 2003-2008 dan Gubernur untuk International Monetary Fund (IMF), Washington DC, di Indonesia.

Sebelumnya, dia dipercaya menjadi Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2003-2006, dan terpilih kembali untuk periode 2006-2008. Selama kariernya di Bank Indonesia, dia pernah menduduki beberapa jabatan di dalam dan luar negeri.

Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)